Tol Puncak Sepanjang 52 Km Akan Dibangun, Habiskan Anggaran Rp 25 T

Nadya Zahira
10 Mei 2023, 17:42
Kendaraan wisatawan yang didominasi sepeda motor memadati Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/5/2023). Pada libur Hari Buruh kawasan wisata Puncak Bogor dipadati kendaraan wisatawan yang berlibur, dan Polres Bogor memberlaku
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Kendaraan wisatawan yang didominasi sepeda motor memadati Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/5/2023). Pada libur Hari Buruh kawasan wisata Puncak Bogor dipadati kendaraan wisatawan yang berlibur, dan Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) dan pemberlakuan ganjil genap nomor kendaraan untuk mengurai kemacetan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR telah menyetujui usulan pembangunan proyek Jalan Tol Caringin-Puncak-Cianjur alias Tol Puncak sepanjang 52 km. Pembangunan jalan tol tersebut diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 25 triliun.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Triono Junoasmono mengatakan, proyek jalan tol tersebut sudah tercantum dalam Rencana Umum Jaringan Jalan Tol dengan target terbangun atau operasi pada 2030-2034. Dia mengungkapkan para pemrakarsa sedang menyiapkan kajian untuk pembangunan tol tersebut.

"Jadi perlu kami sampaikan, memang saat ini sudah ada yang tertarik untuk mengusulkan investasi di Jalan Tol Puncak, dan saat ini calon pemrakarsa sedang menyiapkan kajiannya," ujar Triono dalam acara Evaluasi Mudik di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (10/5)

Adapun untuk pemrakarsa tersebut berasal dari PT Matra Sarana Arsitama dan Swoosh Capital KFT. Pembangunan tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di ruas non tol Puncak, Jawa Barat yang kerap terjadi.

Terdiri dari 5 Seksi

Triono mengatakan, Tol Puncak nantinya memiliki 5 seksi. Anggaran untuk pembangunan tersebut diperkirakan menpaia Rp 25 triliun.

"Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 25 triliun. Tapi ini sifatnya tentatif karena yang biayai dari pemrakarsanya bukan dari Kementerian PUPR," ujarnya.

Saat ini rincian tol tersebut baru sampai tiga seksi. Seksi 1 sepanjang 11,6 km dengan biaya hingga Rp 3,1 triliun. Lalu untuk seksi 2 sepanjang 6,9 km menghabiskan biaya konstruksi sebesar Rp 2,4 triliun. Sementara untuk seksi 3 sepanjang 9,7 km membutuhkan biaya Rp 8,02 triliun.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...