BPKP Ingatkan Jokowi Ada 58 Proyek Strategis Nasional Belum Dimulai

Nadya Zahira
14 Juni 2023, 15:50
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh (kiri) usai pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) 2023 di Jakarta, Rabu (14/6/2023). Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh (kiri) usai pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) 2023 di Jakarta, Rabu (14/6/2023). Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar Rakornas Wasin 2023 bertema Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP mengungkapkan ada 58 proyek strategis nasional atau PSN yang belum dimulai. Hal itu disampaikan Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh, di depan Presiden Joko Widodo saat rapat koordinasi nasional pengawasan intern atau Rakornas Wasin 2023, Rabu (14/6).

Ateh mengatakan, hal tersebut dapat berisiko terhadap keterlambatan proyek serta tidak optimalnya manfaat pembangunan proyek yang dihasilkan.

"Izin Pak Presiden, dalam infrastruktur masih terdapat 58 PSN yang belum dimulai pembangunannya," ujar Ateh dalam rapat koordinasi nasional pengawasan intern atau Rakornas Wasin 2023, Rabu (14/6).

Ateh mengatakan, pihaknya juga menemukan berbagai ruang perbaikan yang perlu segera ditindak lanjuti oleh berbagai Kementerian Daerah. Selain itu, BPKP juga menemukan adanya peningkatan Sumber Manusia atau SDM yang belum merata. 

"Misalnya, penyelesaian status stunting yang tidak sesuai dengan target," ujarnya.

Disisi lain, Ateh menuturkan, pihaknya juga menemukan adanya potensi pemborosan anggaran belanja daerah sebesar 21%.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...