Tol Serang-Panimbang Rampung Maret 2024, Akses ke KEK Tanjung Lesung

Tia Dwitiani Komalasari
19 Juni 2023, 11:15
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Rangkasbitung-Panimbang seksi II di Lebak, Banten, Minggu (26/2/2023). Proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,7 kilometer dengan nilai investasi Rp8,58 triliun ditargetkan dapat berope
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nz
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Rangkasbitung-Panimbang seksi II di Lebak, Banten, Minggu (26/2/2023). Proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,7 kilometer dengan nilai investasi Rp8,58 triliun ditargetkan dapat beroperasi tahun 2024 guna mendukung akses cepat menuju lokasi wisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Tol Serang-Panimbang ditargetkan rampung Maret 2024.  Infrastruktur ini akan memudahkan akses ke Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten.

“Memang ada sedikit penyesuaian dari jadwal semula. Tapi kami sedang mengevaluasi kemungkinan-kemungkinan percepatannya," kata Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (19/6).

Helson mengatakan, Tol Serang-Panimbang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional atau PSN untuk memacu pengembangan wilayah dan pemerataan pembangunan khususnya di Banten Selatan. Pemerintah menginginkan agar seluruh PSN dapat tuntas pada 2024.

Berdasarkan peninjauan dan evaluasi di lapangan, Helson mengatakan, terdapat beberapa persoalan yang masih mengganjal proses pembangunan Tol Serang-Panimbang. Kendala tersebut di antaranya pembebasan lahan dan pendanaan untuk penyelesaian konstruksi pada Seksi 3B.

Helso mengatakan, awalnya pembebasan lahan hampir selesai. Namun belakangan ada kebutuhan lahan tambahan  sehingga butuh waktu lagi untuk penyelesaiannya.

"Terkait pendanaan di Seksi 3B, pemerintah masih mencari sumber pendanaan alternatif,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...