Ganjar Temui Airlangga Bahas 37 PSN di Jateng Senilai Rp 258 Triliun

Nadya Zahira
17 Juli 2023, 15:11
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat memasuki Gerbang Tol Demak di Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (22/12/2022). Pengoperasian jalan tol sepanjang 16,31 Km secara fungsional dan dibuka dua arah itu berlangsung
ANTARA FOTO/Aji Styawan/foc.
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat memasuki Gerbang Tol Demak di Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (22/12/2022). Pengoperasian jalan tol sepanjang 16,31 Km secara fungsional dan dibuka dua arah itu berlangsung 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 guna menghadapi libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebagai upaya mengurai kemacetan di jalur Pantura Semarang-Demak.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui Menteri Koordinatir Perekonomian Airlangga Hartarto di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin (17/7). Pertemuan tersebut membahas 37 Proyek Strategis Nasional atau PSN di Jawa Tengah.

Selain 37 PSn tersebut, terdapat 18 PSN dalam peraturan presiden atau Perpres 79 2019. Adapun total investasi proyek-proyek tersebut sebesar Rp 258,76 triliun.

"Dan telah menyerap 66 ribu tenaga kerja secara langsung," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers PSN Jateng bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin (17/7).

Airlangga mengatakan, terdapat sejumlah PSN yang telah beroperasi antara lain Jalan Tol Trans Jawa, PLTU Batang, Waduk Cacaban, Bendungan Randugunting, pengembangan Pelabuhan Cilacap, Bandara di Purbalingga, Double Track Kereta Api Jawa Selatan, Bendungan Pidekso, dan Bandara Ngloram.

Selain itu, terdapat juga PSN yang beroperasi sebagian adalah contohnya Tol Semarang-Demak. Selain itu, dia menyebutkan sektor PSN telah terbangun sepanjang 340 kilometer khusus untuk jalan dengan nilai investasi sebesar Rp 58 triliun. 

Airlangga mengatakan, tantangan untuk PSN tersebut sejak awal pembangunan yaitu adanya abrasi di Pantai Pantura. Oleh sebab itu, Tol Semarang-Demak nantinya akan berfungsi sebagai tanggul di Pantai Laut.

"Jadi selain menjadi jalan tol, jalan tol itu juga menjadi tanggul. Model ini bisa dilanjutkan tidak hanya di Semarang, tetapi itu juga bisa ditarik sampai di pantai Utara Jawa," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...