Bahlil Sebut Investasi Rusia di RI Tetap Berjalan Meski Sedang Perang

Nadya Zahira
21 Juli 2023, 16:18
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina
ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian.

Perang Rusia dan Ukraina tidak berdampak pada investasi Rusia di Indonesia. Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, mengatakan investasi Rusia di Indonesia masih berjalan meskipun perang tersebut sudah berjalan setahun. 

Investor Rusia bahkan tidak ada yang membatalkan investasinya di Indonesia selama setahun terakhir.

“Investasi Rusia di Indonesia tidak ada yang batal, semuanya masih on the track,” ujar Bahlil saat ditemui di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Jumat (21/7). 

Bahlil mengatakan, dampak perang Rusia-Ukraina yang paling mengkhawatirkan adalah saat harga minyak melambung tinggi. Namun kenaikan harga minyak tersebut saat ini lebih stabil. Selain itu, keputusan Rusia untuk mundur dari perjanjian ekspor biji-bijian membuat harga gandum melonjak. 

Namun demikian, investasi langsung dari Rusia ke Indonesia tidak terdampak. Bahlil mengatakan, saat ini ada sejumlah investasi Rusia yang masih berjalan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...