Investasi Lokal Rp 30 T Masuk ke IKN, Pembangunan Mulai September 2023

Nadya Zahira
21 Juli 2023, 17:29
Foto udara suasana proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut tengah
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Foto udara suasana proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut tengah memasuki tahap pematangan lahan dan ditargetkan rampung pada Juni 2024 sebagai salah satu persiapan untuk penyelenggaraan upacara bendera Hari Kemerdekaan RI di IKN Nusantara.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan investor swasta akan melakukan groundbreaking proyek IKN pada September 2023. Pada tahap pertama, sudah ada penanaman Modal Dalam Negeri yang masuk ke proyek IKN senilai Rp 30-40 triliun.

"Kemarin saya mendampingi beberapa investor dalam negeri, dengan Bapak Presiden Jokowi. Mereka sudah mulai masuk groundbreaking ini bulan September," ujar Bahlil di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Jumat (21/7).

Bahlil mengatakan, Presiden Joko Widodo menargetkan menggelar upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 di IKN. Pada tahap pertama, pembangunan infrastruktur dasar ibu kota baru sudah dimulai dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN.

Dia optimistis proyek IKN dapat berjalan dengan baik. Untuk memastikan hal tersebut, Bahlil akan melakukan kunjungan ke IKN lagi dalam waktu dekat.

"Kan gini, tahap pertama itu kan adalah pembangunan infrastrukturnya itu dilakukan oleh APBN, dan APBN sekarang sudah selesai sebagian. Mereka para investor sudah mulai masuk, September ini mulai masuk realisasinya, ada PMA hingga PMDN," kata dia.

Dia mengatakan, saat ini sejumlah infrastruktur mulai dibangun. Misalnya saja stadion dan gelanggang olah raga yang sesuai standar Federation Internationale de Football Association atau FIFA.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...