Nasib Argo Parahyangan Setelah Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi

Tia Dwitiani Komalasari
18 September 2023, 07:20
Petugas memasang papan nama kereta api Argo Parahyangan tujuan Jakarta di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/12/2022). Kementerian Perhubungan menegaskan kereta api Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meskipun nantinya kereta cepat Jakarta-Ban
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Petugas memasang papan nama kereta api Argo Parahyangan tujuan Jakarta di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/12/2022). Kementerian Perhubungan menegaskan kereta api Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meskipun nantinya kereta cepat Jakarta-Bandung beroperasi.

Kereta Cepat Jakarta Bandung ditargetkan mulai beroperasi 1 Oktober 2023. Saat ini, masyarakat masih bisa menjajal uji coba kereta cepat secara gratis hingga 30 September 2023.

Di lain sisi, masyarakat sudah sejak lama menggunakan kereta Argo Parahyangan sebagai transportasi kereta Jakarta-Bandung. Dengan demikian, ada dua transportasi kereta yang beroperasi bersamaan dan memperebutkan penumpang Jakarta-Bandung.

Menanggapi hal itu, Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Mahendro Trang Bawono mengatakan Kereta Cepat Jakarta Bandung memberikan alternatif kepada masyarakat dalam memilih transportasi yang menghubungkan Jakarta dan Bandung. Menurut Mahendra, segmentasi kereta cepat tersebut akan berbeda dengan Argo Parahyangan.

"Segmentasinya berbeda, di mana KCJB untuk orang yang membutuhkan kecepatan bolak-balik Bandung-Jakarta sehingga bermanfaat bagi mereka. Sementara Argo Parahyangan untuk orang-orang yang tidak buru-buru, ingin menikmati perjalanan, jadi semakin banyak pilihan," ucap Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Mahendro Trang Bawono di Stasiun Bandung, dikutip dari Antara, Senin (18/9).

Argo Parahyangan Tetap Beroperasi

Mahendro juga menegaskan bahwa sampai saat ini, Argo Parahyangan masih beroperasi seperti biasa yakni 10 perjalanan pada hari biasa, dengan tambahan satu perjalanan pada akhir pekan.

"Jadi sampai dengan saat wawancara ini dilakukan masih seperti itu, akan tetapi apabila nanti ada perubahan-perubahan pasti akan kami informasikan," ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...