43 Perusahaan Terima Katadata Award soal Isu Lingkungan, Ini Daftarnya

Mela Syaharani
26 September 2023, 21:45
Katadata mengumumkan Green Initiative Award pada puncak pelaksanaan Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 yang berlangsung di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9/2023).
Katadata/Zaenuddin
Katadata mengumumkan Green Initiative Award pada puncak pelaksanaan Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 yang berlangsung di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

PT Katadata Indonesia memberikan penghargaan kepada 43 perusahaan yang dinilai menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan. Penghargaan yang dikemas dalam format Green Initiative Award itu diberikan pada puncak pelaksanaan Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 yang berlangsung di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9) malam. 

Green Initiative Award merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Katadata. Pada tahun ini gelaran SAFE Forum mengangkat tema “Lets Take Action”. Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau.

"Ini adalah acara yang sudah berlangsung keempat kalinya. Tahun ini kami melakukan kolektif action penanaman pohon di Ibu Kota Negara (IKN)," kata co-founder Katadata, Metta Dharmasaputra pada Selasa (26/9).

Pada SAFE Forum 2023 ini Katadata mengadakan penghargaan dengan dua kategori yaitu Katadata Green Initiative Award (KGIA) dan Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA). Pengumuman pemenang KGIA ini juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Teten Masduki.

Apresiasi ini menyoroti perusahaan-perusahaan yang menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan, berfokus pada komitmen rendah emisi, transisi energi bersih, penggunaan teknologi dan material ramah lingkungan, serta membangun rantai nilai (value chain) yang berkelanjutan. Perusahaan-perusahaan tersebut menunjukkan leadership dan komitmen untuk bertanggung jawab mencegah kerusakan lingkungan hidup, menjaga keanekaragaman hayati, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya alam. 

Tahun ini, penghargaan “Katadata Green Initiative Awards” diberikan kepada entitas yang bergerak pada sektor keuangan (finance), energi/pertambangan (energy/mining), teknologi/transportasi (technology/transportation), industri barang konsumsi (consumer goods), serta lembaga pemerintah dan masyarakat sipil. Ada tiga pemenang untuk tiap sektor. 

Beberapa faktor penilaian utama yang menjadi dasar kami memberikan penghargaan pada perseroan-perseroan yang mendukung aksi keberlanjutan terhadap lingkungan hidup. Pada sektor pertama, yakni banking, penilaian berdasarkan terobosan yang dilakukan perbankan dalam menyalurkan pembiayaan berkelanjutan dan mendorong nasabah untuk menjalankan usaha yang ramah lingkungan. 

Sementara untuk sektor kedua energy/mining, diversifikasi ke energi bersih, peningkatan bauran energi baru terbarukan (EBT), dan dekarbonisasi menjadi aspek-aspek penting dalam penilaian tersebut. Pada sektor ketiga yakni terkait technology/transportation. 

Penghargaan diberikan kepada perseroan yang berinisiatif pada transisi penggunaan kendaraan rendah emisi dan program penyeimbangan karbon (carbon offset) sebagai langkah pengurangan emisi karbon. Untuk sektor consumer goods, komitmen perusahaan yang menjalankan keseluruhan rantai bisnis dengan memperhatikan aspek keberlanjutan menjadi pertimbangan. 

Penerapan sistem ekonomi sirkular atau closed-loop system dan sejumlah inovasi untuk mencapai zero-waste di dalam perusahaan merupakan kriteria penilaian terhadap sektor tersebut. Terakhir untuk lembaga pemerintah dan masyarakat sipil, yang disorot yakni inisiatif-inisiatif terkait pemberdayaan masyarakat, pengelolaan sampah, serta inisiatif hijau yang memiliki dampak nyata. 

Daftar Peraih Katadata Green Initiative Award 2023

Daftar Pemenang Katadata Green Initiative Award:

Kategori Finance: 

  • Citibank N.A. Indonesia 
  • PT Bank Mega Tbk
  • PT Bank DBS Indonesia

Kategori Transportation/Technology

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...