Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Whoosh Hari Ini

Tia Dwitiani Komalasari
2 Oktober 2023, 07:04
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)
Humas Kemenhub
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bernama Whoosh hari ini, Senin (2/10). Kepala negara akan kembali menaiki moda transportasi tersebut. 

"Iya, iya (akan meresmikan), besok pagi ketemu lah di (Stasiun) Halim," ajak Jokowi kepada wartawan usai menghadiri acara Istana Berbatik di Jakarta, seperti dikutip dari Antara

Sementara itu, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Selasa (26/9). Izin operasi ini dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa dengan keluarnya izin operasi ini, KCJB telah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat. “Alhamdulillah seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan,” tutur Budi pada Minggu (1/10) di Jakarta.

Lebih lanjut Menhub Budi menjelaskan bahwa operasional KCJB akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi sampai dengan skenario 68 perjalanan per hari. KAi juga telah menyiapkan KA Feeder dari Stasiun Padalarang guna mempermudah penumpang untuk mencapai kota Bandung.

“Operasional secara bertahap ini dilakukan untuk memberi ruang kepada operator agar dapat menyesuaikan diri dan memaksimalkan pelayanan,” kata Budi.

Budi mengatakan, ]pemerintah juga akan memberikan tarif promo pada awal operasional KCJB untuk menarik minat masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...