Jokowi Gelar Rapat Khusus Bahas Banjir Barang Impor di Pasar Domestik

Andi M. Arief
3 Oktober 2023, 16:47
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) berdialog dengan salah satu pedagang dalam kunjungannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (28/9/2023). Dalam kunjungannya tersebut Mendag mendengarkan keluh kesah para pedagang dan berdialog seputar sepinya pem
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) berdialog dengan salah satu pedagang dalam kunjungannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (28/9/2023). Dalam kunjungannya tersebut Mendag mendengarkan keluh kesah para pedagang dan berdialog seputar sepinya pembeli di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut imbas gempuran e-commerce maupun social commerce, salah satunya TikTok Shop.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengumumkan akan menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo hari ini, Selasa (3/10). Rapat khusus tersebut akan membahas terkait maraknya barang impor di pusat perdagangan. 

Zulkifl menilai ratas tersebut penting lantaran belum ada perubahan signifikan di pusat perdagangan pasca pencabutan Permendag No. 31/2023. Adapun pusat perdagangan yang dimaksud Zulkifli adalah Pasar Grosir Cikini.

"Sebanyak 90% perusahaan itu UMKM dan keberpihakan kami terhadap UMKM tidak boleh ditawar-tawar. Kita bina dan kembangkan agar mereka bisa menguasai pasar domestik," kata Zulkifli di Pasar Grosir Cililitan, Selasa (3/10).

Berdasarkan penelusuran Katadata, ratas tersebut akan dihadiri sejumlah menteri, salah satunya oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Isy Karim, mengatakan pemerintah berencana untuk menangani banyaknya toko yang gulung tikar di pusat perdagangan. Menurutnya, salah satu akar permasalahan tersebut adalah maraknya produk impor di pasar.

Maka dari itu, Isy mengumumkan akan menangani dugaan impor ilegal secara menyeluruh. Isy mengatakan penanganan dugaan tersebut akan dibahas bersama Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...