Jokowi Minta Investor Cina Tak Ragu Masuk Indonesia Jelang Pemilu 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Oktober 2023, 11:53
jokowi, cina, pemilu
ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia/nym.
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri Forum Bisnis Indonesia-China di Beijing, China, Senin (16/10/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang digelar di China World Hotel, Beijing, pada Senin (16/10). Saat menyampaikan sambutannya, Jokowi mengapresiasi investasi dan kontribusi investor Cina dalam pembangunan di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mengajak investor Negeri Panda masuk meski Indonesia tengah menghadapi tahun politik. Presiden menjanjikan stabilitas politik tetap aman meski ada Pemilihan Umum 2024.

"Tahun 2013 RRT berada di urutan 12 kontributor foreign direct investment (FDI) di Indonesia, tapi di tahun 2022 sudah menjadi urutan yang kedua," kata Jokowi, dikutip dari siaran pers pada Selasa (17/10).

Jokowi meyakinkan para investor bahwa berinvestasi di Indonesia merupakan langkah tepat karena menawarkan perizinan yang mudah dan aman. Presiden pun mengajak para investor untuk menanamkan modalnya karena sejumlah indikator ekonomi Indonesia menunjukkan capaian positif.

Indikator positif tersebut yakni tingkat pertumbuhan ekonomi yang konsisten di atas 5%, neraca dagang yang surplus 41 bulan berturut-turut serta capaian Purchasing Manager Index (PMI) berada di level ekspansi selama 25 bulan berturut-turut dan bonus demografi.

Jokowi juga meminta para investor tak mengkhawatirkan stabilitas politik pada 2024. Ini karena Indonesia berpengalaman menggelar pemilihan umum sebanyak lima kali. 

"So, you don’t need to worry, you just need to hurry (tidak perlu khawatir, anda hanya perlu bergegas)." kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...