Puluhan Penumpang Tertinggal Kereta Cepat Whoosh, KCIC Minta Maaf

Agustiyanti
19 Oktober 2023, 20:15
KCIC, kereta komersial, update me
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai beroperasi secara komersial sejak Rabu (18/10).

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta maaf atas insiden tertinggalnya puluhan penumpang Kereta Cepat Whoosh  akibat keterlambatan jadwal tiba kereta Feeder Stasiun Bandung-Padalarang. Kereta pengumpan tersebut terlambat tiba akibat kendala operasional.

"Pada kondisi tersebut sebanyak 31 penumpang yang sebelumnya menggunakan KA Feeder tidak dapat naik Kereta Cepat untuk jadwal keberangkatan pukul 06.56 WIB dari Stasiun Padalarang karena Kereta Ceat Whoosh berangkat sesuai jadwal," kata Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/10). 

Eva menekankan, kereta cepat Whoosh mengutamakan ketepatan waktu dalam operasionalnya dengan tingkat ketepatan waktu keberangkatan yang mendekati 100%. Oleh karena itu, Kereta Cepat Whoosh tidak dapat menunggu penumpang di luar jadwal keberangkatannya.

Ia menjelaskan, sebanyak 30 penumpang melanjutkan perjalanan menggunakan kereta cepat dengan keberangkatan  pukul 09.02 WIB, sedangkan satu penumpang membatalkan perjalanannya. Penumpang yang berangkat pada jadwal berikutnya tak lagi perlu membeli tiket baru, sedangkan penumpang yang membatalkan perjalanan mendapatkan penggantian dana sebesar 100%. 

"Selama menunggu di hall Stasiun Padalarang, KCIC juga memberikan snack serta minuman," ujar dia.

Eva juga memastikan pihaknya akan berkoordinasi dengan KAI untuk meningkatkan layanan dan mencegah kejadian tersebut tak terulang.

"Kedepannya KAI juga akan menyiapkan satu rangkaian cadangan KA Feeder di Stasiun Bandung sebagai bentuk antisipasi," katanya.

Sejak beroperasi dengan penerapan tiket berbayar pada 17 Oktober 2023, Kereta Cepat Whoosh memiliki 14 jadwal perjalanan per hari. Ini terdiri dari tujuh keberangkatan dari Stasiun Halim dan tujuh keberangkatan dari Stasiun Tegalluar. Seluruh perjalanan kereta berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Padalarang.

Ia mencatat, terdapat sekitar 5.500 penumpang yang menggunakan Kereta Cepat Whoosh hingga hari kedua operasional secara komersial  Perjalanan empat kereta memiliki okupansi hingga 97%, sedangkan okupansi kereta lainnya antara 40% hingga 70%.

Penumpang yang ingin menuju Stasiun Bandung dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang dan Sebaliknya dapat menggunakan KA Feeder secara gratis, adapun jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Feeder juga telah disesuaikan dengan jadwal Kereta Cepat Whoosh.

Berikut jadwal 7 perjalanan dari stasiun Halim dan 7 perjalanan dari stasiun Tegalluar :

  • Keberangkatan dari Stasiun Halim: 06.40, 08.45, 10.20, 13.00, 15.35, 17.35, dan 18.50.
  • Keberangkatan dari Stasiun Tegalluar tersedia pada pukul 06.40, 08.45, 10.20, 13.00, 15.35, 17.35, dan 18.50.


Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...