Pupuk Kaltim Resmikan Pabrik Amonium Nitrat Akhir Tahun ini

Mela Syaharani
29 November 2023, 14:19
pupuk kaltim, pabrik, Amonium Nitrat
Dokumentasi Pupuk Kaltim
Pupuk Kaltim

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) akan meresmikan pabrik amonium nitrat di Kawasan Industri PT Kaltim Industrial Estate (KIE) pada 20 Desember 2023. Pabrik ini ditargetkan memiliki kapasitas mencapai 75.000 ton amonium nitrat.

Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono menjelaskan, pabrik amonium nitrat ini sudah dibangun sejak dua tahun lalu di area Bontang, Kalimantan Timur. “Ini istilahnya sudah demo test, performa test, tinggal diresmikan untuk bisa jadi komersial,” kata Teguh kepada media di Jakarta pada Rabu (29/11).

Pabrik ini rencananya akan diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Teguh menyebut, pabrik amonium nitrat merupakan bentuk kerja sama dengan PT Dahana Investama Corp yang bergerak di produksi bahan peledak.

“Dahana menguasai mayoritas atau 65%, sedangkan kami sebesar 35%. Ini kan produknya regulated ya, ini bahan peledak, pengawasannya harus ketat. Untuk pergerakan dari satu tempat ke tempat lain kan harus diawasi,” kata dia

Pabrik ini merupakan bagian dari strategi hilirisasi petrokimia berbasis renewable resources yang dijalankan Pupuk Kaltim, sebagai pelopor transformasi hijau di industri petrokimia tanah air.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...