Apindo Kirim Data Imbas Konflik Gaza terhadap Industri Retail

Andi M. Arief
7 Desember 2023, 15:40
Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) telah memberikan kepada pemerintah data dampak ekonomi dari aksi boikot produk yang diduga terafiliasi dengan Israel. Di dalamnya berisi laporan kondisi perusahaan-perusahaan yang terkena imbas aksi boikot tersebut. 

"Datanya bukan milik Apindo, tapi dari pengusaha-pengusaha yang terdampak," kata Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani di Swissotel, Jakarta, Kamis (7/12). 

Advertisement

Ia tidak merinci lebih jauh terkait data yang telah diberikan ke pemerintah tersebut. Sebelumnya, Shinta mengatakan sebagian besar produk yang terdampak aksi boikot adalah produk asli Indonesia.

Contohnya, salah satu anggotanya yang dituduh terafiliasi atau mendukung Israel, yakni PT Unilever Indonesia Tbk. Menurut dia, emiten berkode UNVR tersebut telah lama berbisnis di dalam negeri dan tidak memiliki hubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan Israel.

Shinta juga sudah memeriksa keterlibatan UNVR dengan Israel hingga induknya, yakni Unilever. Ia memastikan UNVR tidak berkaitan atau mendukung agresi Israel ke Palestina.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Yuki Hanafi mengatakan kegiatan boikot tidak didukung oleh Majelis Ulama Indonesia. Untuk diketahui, MUI menerbitkan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina.

Fatwa MUI tidak memiliki kata boikot maupun menyebut nama barang yang harus dihindari untuk mendukung Palestina. Namun, Yuki mengamati ada beberapa produk lokal yang terdampak dari aksi boikot tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement