Daftar Jalan Tol Baru Gratis saat Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Agustiyanti
8 Desember 2023, 13:18
jalan tol, natal, tahun baru, tol gratis, jalan tol gratis
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Foto udara proyek simpang susun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan di Sadang, Kabupaten Puarta, Jawa Barat, Minggu (3/12/2023). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan akan difungsikan pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 guna mengurai kemacetan yang kerap kali terjadi di ruas tol Jakarta Cikampek.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Masyarakat juga dapat menggunakan tiga jalan tol baru yang beroperasi secara fungsional dan lima ruas tol belum bertarif secara gratis selama periode tersebut. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, terdapat jalan tol sepanjang 2.816 km dan jalan nasional yang sudah dioperasionalkan dan dapat mendukung arus lalu lintas Natal dan Baru sepanjang  47.603 km. Kemantapan rata-rata jalan mencapai 92,2%. 

"Pembangunan jalan tol hingga akhir tahun 2023 ditargetkan sepanjang 357 km. Sampai November 2023 sepanjang 236 km sudah dioperasikan, selanjutnya sepanjang 121 km juga dapat dioperasikan fungsional pada saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," ujar Basuki seperti dikutip dari Antara, Jumat (8/12).

Ia menjelaskan, terdapat dua ruas jalan tol di Pulau Jawa yang dioperasionalkan secara fungsional yakni tol Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA ruas Kartasura-Karanganom. Selain itu, terdapat satu ruas tol yang dioperasionalkan secara fungsional di Makassar. Ketiga tol tersebut gratis karena masih beroperasi secara fungsional,

Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR sebelumnya juga mengumumkan terdapat lima ruas tol Trans Sumatera yang masih akan beroperasional secara gratis karena belum bertarif. 

Berikut daftar tol gratis selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024:

  • Tol Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kartanegara-Sadang (fungsional)
  • Tol Solo-Yogyakarta-NYIA uras Kartasura-Karanganom (funsional)
  • Akses Makassar New Port 1 dan 2 (fungsional)
  • Tol Indralaya - Prabumulih (belum bertarif)
  • Tol Stabat - Kuala Bingai  (belum bertarif)
  • Tol Indrapura - Lima Puluh (belum bertarif)
  • Tol Tebing Tinggi - Indrapura (belum bertarif)
  • Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 - 6 (Blang Bintang - Baitussalam)  (belum bertarif)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...