Tiktok Shop Beroperasi Lagi, Apindo: Persaingan Usaha Harus Adil

Andi M. Arief
11 Desember 2023, 20:04
tiktok shop, tokopedia, persaingan usaha, apindo
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pedagang menawarkan barang dagangannya melaui aplikasi Tik-Tok Shop di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (4/10). Kementerian Perdagangan atau Kemendag meminta TikTok memisahkan fitur e-commerce dari platform media sosial. Kementerian memberikan waktu seminggu sejak Rabu (27/9) kepada TikTok untuk memisahkan TikTok Shop dari platform. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan atau Permendag Nomor 31 tahun 2023.

Tiktok Shop akan kembali beroperasi di Indonesia mulai besok, Senin (12/11) dengan menggandeng Tokopedia. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Shinta W Kamdani mengingatkan agar kerja sama TikTok dan Tokopedia tidak merugikan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 

"Pelaku UMKM luring dan daring harus bersaing bersama dalam kondisi yang sama. Jadi, enggak ada yang lebih diprioritaskan lah," kata Shinta di Menara Bank Mega, Senin (11/12).

Shinta menilai pengoperasian TikTok Shop sebenarnya penting bagi pelaku UMKM di dalam negeri.  TikTok Shop merupakan salah satu platform lokapasar yang bermanfaat di dalam negeri. Ia juga mendorong pelaku UMKM luring tuk melakukan digitalisasi.

Fitur TikTok Shop akan kembali beroperasi saat Hari Belanja Online Nasional besok, Selasa (12/12). TikTok Shop akan dioperasikan oleh Tokopedia, sehingga data yang direkam dalam TikTok Shop tidak akan tersambung dengan Tiktok.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim menilai, kerja sama tersebut telah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023. Namun Isy menekankan fitur transaksi tidak boleh langsung dilakukan di TikTok.

"Kalau social commerce mau ada transaksi, harus ada kerja sama yang sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023. Namun kalau ada transaksi langsung, di TikTok Shop kami sanksi nanti," kata Isy kepada Katadata.co.id, Senin (11/12).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...