5 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Gratis Sambut Nataru, Ini Daftarnya

Happy Fajrian
18 Desember 2023, 14:40
jalan tol, trans sumatera, nataru
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Spt.
Kendaraan melintas di kilometer 11 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Lubuklinggau-Bengkulu seksi I Bengkulu-Taba Penanjung di Kota Bengkulu, Bengkulu, Senin (30/10/2023).

Lima ruas jalan tol trans Sumatera (JTTS) selama momentum liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Ruas jalan tol yang digratiskan total mencapai 126,43 kilometer (Km) dari total 589 km jalan tol trans Sumatera yang beroperasi selama arus Nataru 2023/2024.

Dari jumlah tersebut, sembilan ruas tol beroperasi dengan tarif, dan lima ruas digratiskan. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bagi masyarakat yang hendak berpergian di masa Nataru, maka bisa melewati beberapa ruas jalan tol yang tidak ditarik biaya.

"Yang mau liburan lewat Jalan Tol Trans-Sumatera akhir tahun nanti ada lima ruas tol yang sudah beroperasi tapi masih belum bertarif alias gratis nih khususnya selama momentum mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," katanya beberapa waktu lalu, Rabu (21/11).

Adapun lima ruas tol Trans Sumatera yang digratiskan yaitu:

1. Jalan Tol Indralaya - Prabumulih (64,5 Km)

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 Km telah beroperasi yang merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim.

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih akan mempersingkat waktu tempuh Palembang - Prabumulih menjadi hanya 1 jam saja. Selain itu juga mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.

2. Jalan Tol Stabat - Kuala Bingai (8 Km)

Jalan Tol Binjai - Langsa segmen Stabat - Kuala Bingai yang membentang sepanjang 8 km telah beroperasi.

Kehadiran Jalan Tol ini juga akan mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 Km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 Km.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...