Pemerintah Pangkas Kuota Impor Gula Konsumsi Tahun Ini

Andi M. Arief
4 Januari 2024, 15:43
gula, impor gula, gula konsumsi
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki (kedua kanan) mengecek pelaksanaan operasi pasar gula di Pasar Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (20/12/2023). Jelang Natal 2023 dan tahun baru 2024, pemerintah setempat bersama Artha Graha Peduli melalui unit usaha PT Industri Gula Nusantara menggelar operasi pasar murah komoditas gula di tiga pasar tradisional Kabupaten Batang dengan harga Rp15.500 per kilogram di bawah harga pasaran yang mencapai Rp18.000 per kilogram yang bertujuan menjaga kestabilan harga gula
Button AI Summarize

Kementerian Perdagangan memberikan kuota impor gula mencapai 5,48 juta ton pada tahun ini. Sebanyak 708.609 ton merupakan gula konsumsi, sedangkan 4,77 juta ton merupakan gula untuk bahan baku industri.

Volume impor gula konsumsi pada tahun ini lebih rendah 28,5% dari kuota impor gula 2023 sejumlah 991.000 ton. Namun, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Budi Santoso mengatakan, volume impor gula tahun ini dapat ditambah.

"Neraca komoditas itu bisa dievaluasi per tiga bulan atau sewaktu-waktu diperlukan bisa ditambah atau dikurangi. Jadi, tidak harus langsung ditetapkan sekian ratus ribu ton ditetapkan awal tahun," kata Budi di Gedung Kementerian Perdagangan, Kamis (4/1).

Budi menekankan,  pemerintah memprediksi volume impor dalam Neraca Komoditas 2024 telah mencukupi kebutuhan sepanjang tahun ini. Budi mengatakan rendahnya volume impor gula konsumsi tahun ini bukan akibat dari rendahnya realisasi impor gula tahun lalu.

Badan Pangan Nasional atau Bapanas mendata realisasi impor gula konsumsi pada Januari-September 2023 hanya sekitar 35% atau 343.281 ton. Budi mengatakan realisasi impor gula konsumsi pada tahun lalu telah mencukupi kebutuhan gula konsumsi di dalam negeri.

Walau demikian, Bapanas menyatakan peningkatan Harga Acuan Pembelian gula oleh pemerintah dinaikkan pada akhir 2023 karena pasokan gula lokal yang minim. Permintaan gula konsumsi domestik masih bergantung pada impor hingga 30%.

Berdasarkan data Bapanas, harga gula konsumsi konsisten tumbuh sepanjang 2023. Harga gula konsumsi telah mencapai Rp 17.310 per kilogram hari ini, Kamis (4/1), atau lebih tinggi dari HAP gula senilai Rp 16.000 per kg.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...