Deretan Program Mudik Gratis 2024, Cara Daftar dan Syaratnya

Tia Dwitiani Komalasari
3 Maret 2024, 20:12
Sejumlah penumpang berada di dalam bus program mudik dan balik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jawa Tengah, Jumat (28/4/2023). Kemenhub memberangkatkan 126 bus angkutan program mudik gratis dari Terminal
ANTARA FOTO/Maulana Surya/tom.
Sejumlah penumpang berada di dalam bus program mudik dan balik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jawa Tengah, Jumat (28/4/2023). Kemenhub memberangkatkan 126 bus angkutan program mudik gratis dari Terminal Tirtonadi pada arus balik Lebaran 2023.
Button AI Summarize

Sejumlah lembaga mulai menawarkan program mudik gratis pada lebaran 2024. Namun demikian, warga harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mengikuti program mudik gratis 2024 tersebut.

Lembaga yang mengadakan program mudik gratis di antaranya Kementerian Perhubungan (kemenhub), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan instansi swasta. Program mudik gratis tersebut ada yang menggunakan kereta api, bus, maupun kapal.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub menyebutkan sebanyak 18 stasiun kereta api disiapkan untuk melayani mudik motor gratis saat Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Secara keseluruhan ada 18 stasiun untuk lokasi pendaftarannya," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar di Jakarta, dikutip dari Antara, Minggu (3/3).

Arif merinci ke-18 stasiun tersebut yakni Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tanggerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

Mudik Gratis Kereta Api Kemenhub

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program Angkutan Motor Gratis atau Motis 2024. Peserta juga bisa mendapatkan tiket murah seharga Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk dua penumpang.

Arif Anwar mengatakan layanan Motis tahun ini akan diperpanjang hingga wilayah Jawa Timur.

“Pada penyelenggaraan Motis tahun-tahun sebelumnya, kami banyak menerima masukan untuk memperpanjang layanan Motis ini, semoga dengan kami perpanjang hingga Jawa Timur dapat menarik minat masyarakat,” tutur Arif dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (3/3).

Dia menuturkan bahwa tahun ini angkutan Motis akan diselenggarakan dengan tiga lintas pelayanan, yaitu:

  • Lintas Utara (PP) Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang
  • Lintas Tengah (PP) Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo
  • Lintas Selatan (PP) Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun

Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program Motis 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Arif mengatakan, Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

“Masing-masing lintas akan tersedia arus contraflow sehingga masyarakat yang akan bepergian dengan arus yang berlawanan saat Arus Mudik/Balik, tetap bisa memanfaatkan layanan Motis,” sambung Arif.

Adapun syarat mengikuti program ini adalah:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...