Tol Bangkinang-Tanjung Alai Riau Beroperasi Gratis saat Mudik Lebaran

Tia Dwitiani Komalasari
8 Maret 2024, 06:31
Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 Km yang menjadi bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Tol tersebut menjadi salah satu proyek yang mengundang investasi di tahun 2021.
https://bpjt.pu.go.id/
Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 Km yang menjadi bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Tol tersebut menjadi salah satu proyek yang mengundang investasi di tahun 2021.
Button AI Summarize

Jalan Tol Bangkinang-Tanjung Alai (XIII Koto Kampar), Kabupaten Kampar, Provinsi Riau segera beroperasi gratis saat mudik lebaran 2024.  Branch Manager PT Hutama Karya Jarot Seno Wibawa mengatakan kebijakan itu untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri 2024.

Menurut dia, pekerjaan fisik pembangunan jalan tol itu masih dilanjutkan di sejumlah titik. Pemeriksa akhir juga tengah melakukan pengecekan jalan tol Bangkinang-Tanjung Alai.

"Penyelesaian pekerjaan dipercepat lebih untuk mendukung target jalan bebas hambatan itu beroperasi fungsional dan melayani arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2024," kata Jarot dikutip dari Antara, Jumat (8/3).

Jarot mengatakan, tol tersebut membuat waktu tempuh Bangkinang menuju Tanjung Alai XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 km hanya 15 menit. 

Selanjutnya jika disambung langsung dari Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar dengan kecepatan kendaraan 80 Km/jam, maka pengendara hanya membutuhkan 45 menit hingga 1 jam keluar dari pintu Tol XIII Koto Kampar, di Tanjung Alai dari pintu Tol Pekanbaru-Kampar di Sungai Pinang.

Menurut Jarot, pekerjaan jalan tol tersebut tinggal tahap penyelesaian kecil kecil saja sehingga operasional dua jalur bisa berlaku.

Jalan tol tersebut sebelumnya sempat beroperasi fungsional sejak 24 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2024 untuk kelancaran arus selama libur natal dan tahun baru. Namun, operasi jalan tol ditutup lagi karena masih ada pekerjaan fisik jalan yang harus dilanjutkan.

Keberadaan jalan tol penting, katanya karena selain memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang juga meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa serta menunjang pertumbuhan ekonomi. Jalan tol juga berfungsi meningkatkan pemerataan hasil pembangunan dan keadilan, meringankan beban dana pemerintah melalui partisipasi pengguna jalan yakni membayar tarif masuk tol dengan elektronik money (e-money).

"Pembukaan jalan Tol Bangkinang menuju Tanjung Alai XIII Koto Kampar itu semoga dapat mendukung kelancaran arus lalu lintas barang dan orang dari Provinsi Riau menuju Sumatera Barat sehingga pertumbuhan ekonomi juga makin meningkat," katanya.




Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...