Kematian Ratu Elizabeth Bangkitkan Kritik tentang Kolonialisme Inggris

Tia Dwitiani Komalasari
9 September 2022, 12:04
Ratu Inggris Elizabeth memberikan pidato saat Pembukaan Sidang Parlemen di London, Inggris, Senin (14/10/2019).
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville
Ratu Inggris Elizabeth memberikan pidato saat Pembukaan Sidang Parlemen di London, Inggris, Senin (14/10/2019).

 Kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9), memicu kesedihan dari jutaan orang di seluruh dunia. Di sisi lain, peristiwa itu juga menghidupkan kembali kritik terhadap simbol kerajaan kolonial Inggris yang tak lepas dari penjajahan

Ungkapan kritik tersebut banyak disuarakan melalui media sosial, termasuk Twitter. 

"Jika ada yang mengharapkan saya untuk mengungkapkan apa pun kecuali penghinaan terhadap raja yang mengawasi pemerintah yang mensponsori genosida, membantai, dan menggusur setengah keluarga saya serta konsekuensi yang masih berusaha diatasi oleh mereka yang hidup hari ini, Anda dapat terus berharap pada bintang, " kata Uju Anya, seorang profesor akuisisi bahasa kedua di Universitas Carnegie Mellon, dalam tweetnya, Kamis sore (8/9).

Tweet-nya telah di-retweet lebih dari 10.000 kali dan telah mengumpulkan hampir 38.000 likes pada Kamis malam (8/9).

Dalam sebuah wawancara, Anya (46) mengatakan bahwa dia adalah "anak penjajah". Ibunya lahir di Trinidad dan ayahnya di Nigeria. Orang tua Anya bertemu di Inggris pada 1950-an sebagai subjek kolonial yang dikirim untuk kuliah. Mereka menikah di Inggris dan pindah ke Nigeria bersama.

"Selain penjajahan di pihak Nigeria, ada juga perbudakan manusia di Karibia. "Jadi ada garis keturunan langsung yang saya miliki bukan hanya orang-orang yang dijajah, tetapi juga orang-orang yang diperbudak oleh Inggris."

Sementara Elizabeth memerintah saat Inggris menavigasi era pasca-kolonial. Menurut Anya, Elizabeth masih memiliki hubungan dengan masa lalu kolonialnya, yang berakar pada rasisme dan kekerasan terhadap koloni Asia dan Afrika. Ada seruan yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir bagi monarki untuk menghadapi masa lalu kolonialnya.

Zoé Samudzi, seorang penulis Zimbabwe Amerika dan asisten profesor fotografi di Rhode Island School of Design menyatakan kritik serupa. "Sebagai generasi pertama keluarga saya yang tidak lahir di koloni Inggris, saya akan menari di kuburan setiap anggota keluarga kerajaan jika diberi kesempatan, terutama miliknya," ujarnya di Twitter.

Menanggapi reaksi-rekasi tersebut, Profesor sejarah di University College London yang memimpin Pusat Studi Warisan Kepemilikan Budak Inggris, Matthew Smith, mengatakan bahwa hal itu menunjukkan hubungan yang rumit dan campur aduk antara orang-orang dengan monarki Inggris dengan persemakmuran.

"Saya pikir ketika orang menyuarakan pandangan itu, mereka tidak berpikir secara khusus tentang Ratu Elizabeth," kata Smith dalam sebuah wawancara telepon dikutip dari Yahoo News.

Menurut Smith, orang-orang yang mengkritik tersebut berpikir tentang monarki Inggris sebagai sebuah institusi dan hubungannya dengan sistem penindasan, represi, dan ekstraksi paksa tenaga kerja, khususnya dari Afrika. "Juga eksploitasi sumber daya alam dan sistem kontrol paksa di tempat-tempat ini. Itu adalah sistem yang ada di luar pribadi Ratu Elizabeth," ujarnya.

Ratu meninggal kurang dari setahun setelah Barbados mencopotnya sebagai kepala negara dan menjadi republik. Langkah tersebut lahir dari meningkatnya kritik terhadap monarki di antara negara-negara Karibia. Negara lainnya termasuk Jamaika, telah mengisyaratkan untuk mendeklarasikan kemerdekaan mereka.

Smith, yang lahir di Jamaika, tempat ia menghabiskan sebagian besar hidupnya, mengatakan beberapa orang di Karibia sangat berduka atas kematian ratu. Hal itu terutama generasi yang lebih tua yang mungkin memiliki kenangan melihatnya dalam salah satu kunjungannya ke pulau-pulau itu.

"Beberapa hal yang membuat orang Karibia disayang ratu adalah bahwa dia menjalankan perannya dengan cara yang tampak sangat kontras dengan bagaimana orang memahami raja Inggris. Dia juga tidak terlihat seperti raja sejarah, kata Smith, menambahkan bahwa kepribadiannya dan fakta bahwa dia seorang wanita juga membedakan Elizabeth dengan pendahulunya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...