Gunakan Mobil Listrik, 9 Kepala Negara Tiba di Lokasi KTT ASEAN

Abdul Azis Said
10 Mei 2023, 08:07
Rombongan kepala negara menuju lokasi KTT ASEAN dengan menggunakan mobil listrik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5).
Wahyu Dwi/Katadata
Rombongan kepala negara menuju lokasi KTT ASEAN dengan menggunakan mobil listrik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5).

Sejumlah kepala negara anggota ASEAN terpantau mulai berdatangan ke lokasi utama pertemuan KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo pada pagi ini, Rabu (10/5). Rombongan kepala negara tersebut menggunakan mobil listrik berbasis baterai.

Berdasarkan pemantauan tim katadata.co.id,  iringan rombongan kepresidenan rata-rata terdiri atas 5-8 kendaraan listrik berjenis BMW iX, Toyota bZ4X, dan Hyundai Ioniq. Khusus BMW iX berwarna putih dipilih sebagai kendaraan pengangkut kepala negara, sementara Toyota dan Hyundai untuk tim pendukung. 

 Untuk diketahui, hari ini akan menjadi hari pertama dari puncak KTT ASEAN ke-42. Berdasarkan agenda, setelah kedatangan kepala negara akan dilanjutkan sesi foto bersama pemimpin ASEAN yang dilanjutkan pembukaan resmi KTT oleh presiden Joko Widodo.

PM Kamboja Datang Paling Awal

Rombongan kenegaraan yang datang paling awal yakni Kamboja yang tiba di depan Hotel Meruorah tepat pukul 08.00 WITA. Iring-iringan diangkut menggunakan kendaraan listrik dan disambut oleh kelompok drumband tepat di depan pintu masuk hotel.

Tak berselang lama, rombongan delegasi Laos tiba di lokasi pada pukul 08.02 WITA dan disusul delegasi Malaysia dua menit kemudian. Delegasi Filipina tiba pada pukul 08.05 WIB, yang dilanjut rombongan Brunei Darussalam kemudian tiba selanjutnya pada pukul 08.08 WITA.

 Lima menit kemudian, rombongan Perdana Menteri Timor Leste tiba di lokasi yang kemudian disusul kedatangan delegasi Singapura pada pukul 08.14 WITA.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...