Malaysia Krisis Pasokan Air, Warga Borong Air Kemasan

Aditya Widya Putri
21 Mei 2023, 15:10
Air Kemasan
ANTARA/HO-Pixabay
Air Kemasan

Masyarakat Malaysia mengalami kepanikan usai air Sungai Muda mengering. Akibatnya Sungai Muda tak dapat memasok air secara maksimal. Normalnya Sungai Muda dapat menyuplai kebutuhan air masyarakat Malaysia hingga 1000 juta liter air per hari.

Presiden Penang Water Watch Chan Ngai Weng mengatakan kondisi ini sebagai “peringatan” kepada warga Penang yang selama ini terlalu boros menggunakan air.

“Penggunaan air harian per kapita Penang melonjak hingga di atas 300 liter tahun lalu, tertinggi di negara ini. Tarif harus dinaikkan untuk mengendalikan pemborosan air,” katanya seperti dilansir dari The Star, Minggu (21/5).

Penurunan muka air di Sungai Muda terjadi sejak Minggu, (14/5) lalu. Perbadanan Bekalan Air Pulau Pinang (PBAPP) menginformasikan ketinggian Sungai Muda turun hingga di bawah satu meter. Kondisi ini membikin kapasitas air di beberapa bendungan di Malaysia turut menyusut.

Bendungan Ayar Itam misalnya, hanya terisi 39,8%, Bendungan Teluk Bahang 46,2% dan bahkan Bendungan Mengkuang yang lebih besar, yang biasanya terisi lebih dari 90%, turun menjadi 88,2%.

Satu juta orang Penang dan Kedahan berebut air setelah aliran air keran sempat mengering.

Menteri Chow Kon Yeow sempat mengimbau warga Penang dan Kedah untuk menghemat air. Dalam kasus Bendungan Ayer Itam, pasokan air bahkan hanya cukup untuk bertahan selama 120 hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...