Pengusaha Inggris Hilang saat Menyelam ke Reruntuhan Titanic

Yuliawati
Oleh Yuliawati
20 Juni 2023, 11:43
Ekspedisi kapal selam OceanGate Expeditions saat mengunjungi reruntuhan Titanic.
Youtube OceanGate Expeditions
Ekspedisi kapal selam OceanGate Expeditions saat mengunjungi reruntuhan Titanic.

Sebuah kapal selam menghilang saat membawa lima turis dalam perjalanan wisata menjelajahi reruntuhan Titanic. Salah satu turis dalam rombongan tersebut merupakan miliarder asal Inggris, Hamish Harding (58), pemilik perusahaan pialang pesawat internasional Action Aviation.

Tim penyelamat Amerika dan Kanada sejak Senin mencari kapal selam yang membawa lima turis tersebut. Kapal selam ini hilang lebih dari sehari setelah menyelam di lepas pantai tenggara Kanada.

Penjaga Pantai AS mengatakan ada satu pilot dan empat penumpang di dalamnya. Kapal itu memiliki kapasitas untuk tenggelam selama 96 jam, tetapi tidak jelas apakah masih di bawah air atau telah muncul ke permukaan tapi tidak dapat berkomunikasi.

Kapal dan pesawat AS dan Kanada telah mengelilingi wilayah laut sekitar 900 mil (1.450 km) timur Cape Cod. Mereka juga menjatuhkan beberapa pelampung sonar yang dapat memantau hingga kedalaman 13.000 kaki (3.962 meter).

"Ini adalah daerah terpencil dan merupakan tantangan untuk melakukan pencarian di daerah terpencil itu," kata Laksamana Penjaga Pantai AS John Mauger, dikutip dari Reuters, Selasa (20/6).

Mauger mengatakan para pejabat juga telah menghubungi kapal komersial untuk meminta bantuan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...