Normalisasi Hubungan, Cina-AS Sepakati Pertemuan Xi Jinping dan Biden

Happy Fajrian
31 Oktober 2023, 07:04
xi jinping, joe biden, cina, amerika,
AFP/NPR
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu sehari sebelum kTT G20 di Bali, Senin (14/11).

Cina dan Amerika Serikat sepakat untuk meningkatkan upaya untuk menormalisasi hubungan kedua negara yang menegang melalui pertemuan pemimpin kedua negara, Xi Jinping dan Joe Biden pada November mendatang.

Upaya untuk pertemuan tersebut merupakan buah dari kunjungan Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi ke AS pada Jumat (27/10), di mana ia bertemu sejumlah diplomat di Washington dan juga bertemu dengan Biden selama sekitar satu jam.

Gedung Putih menilai diskusi singkat dengan Menlu Cina tersebut, yang merupakan kunjungan pertama sejak 2018, sebagai kesempatan bagus untuk terus menjaga jalur komunikasi antar dua negara rival geopolitik.

Wang Yi juga bertemu dengan Menteri Dalam Negeri AS Anthony Blinken dan penasihat keamanan negara AS Jake Sullivan. Dalam pertemuan tersebut, kedua pejabat tinggi Biden membahas beberapa isu krusial.

“Kebutuhan untuk memulihkan jalur komunikasi militer-ke-militer antara kedua negara, aksi Beijing di Laut Cina Timur dan Selatan, Taiwan, hak asasi manusia, aliran prekursor fentanil dan kasus-kasus warga Amerika yang ditahan di Cina,” kata para pejabat AS seperti dikutip Reuters, Selasa (31/10).

Hasil dari pertemuan ini, rencananya Biden dan Xi akan bertemu ketika gelaran KTT APEC di San Francisco bulan depan. “Kami sedang melakukan persiapan untuk pertemuan semacam itu,” kata salah satu pejabat senior pemerintah AS.

“Tentu saja, para pemimpin Tiongkok sering kali memberikan konfirmasi secara terbuka menjelang kunjungan mereka, jadi saya serahkan kepada pihak Tiongkok untuk mengetahui apakah dan kapan mereka membuat pengumuman tersebut,” kata pejabat itu.

Wang mengatakan kepada Biden bahwa tujuan kunjungannya adalah untuk membantu "membendung kemerosotan" dalam hubungan AS-Cina "dengan memperhatikan San Francisco", tanpa memberikan rincian apa pun.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...