Sembilan Negara Setop Bantuan untuk Palestina

Safrezi Fitra
28 Januari 2024, 11:24
Sembilan Negara Setop Bantuan untuk Palestina, bantuan palestina, UNRWA, PBB,
ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/RWA/sa.
Ilustrasi korban perang di Gaza, Palestina
Button AI Summarize

Sembilan negara memutuskan untuk menghentikan dana bantuan ke Palestina melalui Lembaga Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Hal ini terjadi setelah adanya tuduhan bahwa staf UNRWA terkait dengan kelompok militan Palestina, Hamas.

"Sembilan negara hingga hari ini menghentikan sementara pendanaan mereka untuk UNRWA. Keputusan ini mengancam kerja kemanusiaan kami yang sedang berlangsung di seluruh kawasan, khususnya di Jalur Gaza," kata Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini dalam pernyataannya di situs resmi UNRWA, seperti dikutip Reuters, Sabtu (27/1).

Sembilan negara tersebut adalah Amerika Serikat, Australia, Kanada, Inggris, Jerman, Belanda, Swiss, Finlandia dan Italia.

Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani menyatakan Italia dan negara aliansi lainnya berkomitmen memberikan bantuan kemanusiaan untuk Palestina sekaligus menjaga keamanan Israel. Namun, "Pemerintah Italia telah memberhentikan bantuan finansial untuk UNRWA setelah serangan kejam Hamas pada 7 Oktober," kata Tajani.

Beberapa staf UNRWA dituduh Israel terlibat dalam serangan kelompok Hamas pada 7 Oktober 2023. Setelah tuduhan tersebut muncul, UNRWA langsung memecat beberapa stafnya yang dianggap terlibat.

Lazzarini pernah mengatakan pihaknya melakukan investigasi untuk mengusut kasus tersebut. Para staf itu juga bakal dimintai pertanggungjawaban, termasuk melalui tuntutan pidana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...