Hujani Israel dengan Drone dan Rudal, Seberapa Kuat Amunisi Iran?

Ameidyo Daud Nasution
14 April 2024, 17:36
iran, israel, rudal
ANTARA FOTO/REUTERS/Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) /hp/sad.
Warga Iran memegang bendera selama rapat umum menandai Hari Quds tahunan atau Hari Yerusalem, pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadan di Teheran, Iran, Jumat (29/4/2022).
Button AI Summarize

Iran telah meluncurkan ratusan pesawat nirawak (drone) dan rudal ke Israel pada Minggu (14/4). Serangan tersebut merupakan balasan atas serangan Israel ke Kedutaan Iran di Damaskus, Suriah.

Garda Revolusi Iran mengatakan serangan 300 drone dan rudal tersebut bagian dari Operasi True Promise. Tujuannya, menghukum aksi Israel dalam serangan di Damaskus yang menewaskan perwira tinggi Iran.

Israel mengklaim bisa menepis serangan tersebut meski dengan bantuan Amerika Serikat dan sekutunya. Sementara, pihak Iran mengklaim operasi tersebut berjalan sesuai rencana.

Namun, bagaimana kekuatan rudal Iran sehingga berani menghujani Israel dengan serangan tersebut. Dikutip dari Reuters, ini kekuatan amunisi negara tersebut:

- Outlet berita semi-resmi Iran ISNA menunjukkan sembilan rudal Iran yang dapat mencapai Israel. Beberapa rudal tersebut adalah Sejil, yang mampu terbang dengan kecepatan lebih dari 17.000 km per jam dan dengan jangkauan 2.500 km serta Kheibar dengan jangkauan 2.000 km.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...