Mengenal 17 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
4 Agustus 2021, 19:20
Mengenal 17 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh, manfaat daun salam, manfaat rebusan daun salam, manfaat daun salam untuk kesehatan, kandungan daun salam
pixabay.com
Daun salam merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Biasanya daun ini ada disetiap masakan Indonesia. Daun salam merupakan tanaman herbal yang umum digunakan sebagai penyedap rasa karena mempunyai aroma khas yang membuat makanan semakin nikmat. Selain sebagai bumbu penyedap, daun salam ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun salam akan dijabarkan pada penjelasan berikut ini.

Kandungan Daun Salam

Sebelum mengenal berbagai manfaat dari daun salam, tak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam tanaman herbal yang satu ini. Daun salam ini memiliki beberapa vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Falvonoid. Kandungan ini yang membuat daun salam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan banyak sekali caranya, salah satunya dengan mengonsumsi obat herbal. Daun salam ternyata bisa berfungsi sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh:

1. Obat herbal untuk asam urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Mereka yang menderita asam urat seringkali merasakan nyeri yang membuat aktivitas menjadi terganggu. Kandungan asam urat yang tinggi membuat rasa nyeri tersebut terasa sangat menyakitnya. Untuk mengobati penyakit ini bisa menggunakan daun salam.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan kuersetin, miristin, dan mirisetin yang bisa menurunkan kadar asam urat. Daun salam juga bisa mengahmbat aktivitas dari xantin oksidase yang menyebabkan asam urat meningkat.

2. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kandungan flavonoid yang cukup tinggi dalam daun salam mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan Quercetin yang ada di dalam tanaman rempah ini juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

3. Mengobati stroke

Penyakit lainnya yang dipercaya bisa diobati dengan menggunakan daun salam yaitu stroke. Anda bisa merebus sekitar 50 gram jantung pisang yang di campur degan 10 lembar daun salam. Makan jantung pisang dan daun salam tersebut jika sudah matang.

4. Menurunkan kadar gula darah penyebab diabetes

Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sulit di sembuhkan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko dari penyakit ini yaitu dengan menurunkan kadar gula dalam darah.

Daun salam ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula penyebab diabates. Manfaat daun salam untuk kesehatan ini karen memiliki kandungan flasvonoid yang mampu menurunkan kadar gula dengan cepat. Anda bisa meracikanya di tambah dengan bahan alami lain seperti kumis kucing. Rebus kedua bahan tersebut lalu minum air hasil rebusannya.

5. Menyembuhkan peradangan pada lambung

Manfaat lainnya dari daun salam yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan. Selain itu lambung yang meradang juga bisa membuat siapa saja yang menderitanya merasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa merebus daun salam sebanyak 30 gram ditambah dengan daun sambiloto yang sudah kering sebanyak 30 gram, gula batu, dan air. Rebus sampai mendidih dan tersisa sedikit air. Kemudian minum ramuan herbal tersebut.

6. Mengobati diare

Masih berhubungan dengan saluran pencernaan, gangguan diare juga bisa diobati dengan menggunakan daun salam. Daun salam memiliki kandungan etanol yang bisa memperlambat pertumbuhan bakteri E. coli, Salmonella sp., dan Vibrio cholera. Bakteri-bakteri tersebutlah yang biasanya menyebabkan diare. Dengan menghambat pertumbuhan bakteri ini, diare akan lebih cepat sembuh.

7. Menyebuhkan sakit pada gigi

Jika sudah sakit gigi, maka seluruh aktivitas makan menjadi kurang nyaman. Sakit gigi juga bisa menyebabkan aktivitas lain terganggu. Untuk meredakan sakit gigi sebenarnya sudah banyak cara dan obatnya, salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi yaitu daun salam.

Manfaat daun salam untuk kesehatan untuk sakit gigi, karena kandungan flavonoid yang dimilikinya bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Tidak hanya itu, daun salam juga memiliki kandungan minayk asiri uang bersifat analgesik. Anda bisa mengobati sakit gigi yang diderita dengan merebus daun salam secukupnya kemudian berkumur menggunakan air rebusan tersebut. Cara ini tidak hanya bisa meredakan nyeri karena sakit gigi, tapi bisa membunuh bakteri Streptococcus sp. yang biasanya ada di dalam mulut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...