Mengenal Manfaat Nanas dan Cara Mengonsumsinya

Siti Nur Aeni
6 Agustus 2021, 21:11
nanas, manfaat nanas, manfaat buah nanas, nanas muda, buah nanas, nanas madu, selai nanas, jus nanas, manfaat nanas untuk kesehatan, khasiat buah nanas, manfaat jus nanas, serat nanas
SHVETS production/pexels.com
Buah nanas salah satu buah tropis yang kaya manfaat

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah yang satu memiliki rasa yang masam dan segar. Buah berwarna kuning dan berair ini sangat cocok untuk dinikmati di siang hari. Manfaat nanas ternyata sangat banyak. Manfaat-manfaat tersebut tentu saja dipengaruhi berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tropis ini.

Apa manfaat dan kandungan yang ada di dalam nanas? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Melansir jovee.id, buah nanas yang rasanya masam ini memiliki beberapa kandungan nutrisi. Di dalam 165 gram buah nanas terdapat kandungan air sebanyak 142 gram, karbohidrat 13,12 gram, serat 1,4 gram, kalsium 12 miligram (mg), magnesium 12 mg, fosfor 8 mg, kalium 109 mg, vitamin C 47,8 mh, vitamin B9 18 mg, dan beta karoten 35 mikrogram (mcg).

Tidak hanya itu saja, buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan protein, zinc, zat besi, selenium, tembaga, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, flavonoid, dan asam fenolik yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain vitamin dan nutrisi lainnya, nanas juga memiliki kandungan enzim bromelain yang bermanfaat bagi kesehatan. Enzim inilah yang membuat nanas bisa menjadi obat peradangan dan pembengkakan.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Jika melihat dari lengkapnya kandungan buah nanas yang kaya nutrisi dan vitamin, sudah pasti buah ini memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat nanas untuk kesehatan di antaranya:

1. Menjadi obat diuretik

Nanas bisa menjadi obat alami khususnya, untuk membantu ginjal dan organ lain yang fungsinya mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Buah yang satu ini memiliki kemampuan lebih untuk menekan plak yang menumpuk di dalam arteri.

2. Mengobati peradangan

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang fungsinya bisa mengobati peradangan yang ada di tubuh seperti radang sendi. Pemanfaatan bromelain yang ada di dalam nanas juga berguna untuk menyembuhkan luka.

3. Mengatasi masalah pada saluran pencernaan

Kandungan enzim yang ada di dalam nanas ternyata memiliki peran yang penting untuk memecah protein, sehingga protein yang ada di dalam tubuh lebih mudah dicerna. Buah nanas juga memiliki serat yang baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. Nanas juga dipercaya bisa menjadi obat sakit perut dan meredakan penumpukan antasida di dalam saluran pencernaan.

4. Menguatkan tulang

Manfaat nanas lainnya yaitu bisa untuk menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan mangan uang cukup besar. Mangan inilah yang berperan untuk membantu perkembangan dan menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat. Untuk anak-anak kandungan mangan sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan dan pertumbuhan. Sedangkan untuk orang dewasa, mangan berperan dalam mencegah kelainan pada tulang.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah nanas yang kaya akan vitamin dan mineral ternyata baik untuk menjaga agar imunitas di dalam tubuh tetap kuat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi membuat buah yang satu ini menjadi salah satu alternatif pilihan vitamin C alami.

6. Meredakan Gejala Arthritis

Penyakit arthritis merupakan pembengkakan dan nyeri yang dirasakan pada satu sendi aray lebih, arthritis ini disebut sebagai penyakit radang sending. Jika Anda menderita penyakit arthritis cobalah konsumsi buah nanas. Sebab nanas mengandung bromelain yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada sendi. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa suplemen bromelain mampu mengurangi osteoarthritis pada punggung bawah.

7. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang berasal dari polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, perlu adanya upaya agar tubuh tetap bisa terjaga dari radikal bebas. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan anti oksidan. Nanas menjadi salah satu buah yang memiliki kadar anti oksidan tinggi, sehingga bisa menangkal radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh.

8. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah nanas untuk kesehatan mata tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya nanas mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan yang membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang bisa bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Selain itu, nanas juga mengandung beta karoten yang berfungsi menjaga kesehatan mata.

9. Menjaga kesehatan tulang

Nanas mengandung kalsium dan tembaga yang membantu menjaga kesehatan tulang. Dimana kalsium dan tembaga terkandung dalam buah nanas juga bisa mengurangi potensi pengeroposan tulang atau osteoporosis.

10. Membantu penyembuhan luka pasca operasi

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Pakistan Medical Association menyatakan bahwa enzim bromelain memiliki sifat antiinflamasi. Hal itu dapat membantu mengatasi peradangan, pembengkakan dan luka memar yang muncul pasca operasi.

Manfaat Buah Nanas untuk Diet

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata buah tropis ini juga bermanfaat untuk anda yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat buah nanas untuk diet:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...