11 Manfaat Renang untuk Kesehatan dan Tips Berenang dengan Aman

Siti Nur Aeni
2 November 2021, 19:24
11 Manfaat Renang untuk Kesehatan dan Tips Berenang dengan Aman
ANTARA FOTO/REUTERS/Stefan Wermuth/AWW/sa.
Zach Harting dari Amerika Serikat beraksi selama Olimpiade Tokyo 2020 di Semifinal 1 Renang Kupu-kupu 200m Putra di Tokyo Aquatics Centre, Tokyo, Jepang, Selasa (27/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stefan Wermuth/AWW/sa.

8. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat renang bagi tubuh selanjutnya yaitu bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan sendi. Sehingga aktivitas olahraga ini dapat dilakukan oleh penderita arthritis. Sebuah studi juga menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang melakukan olahraga ini secara rutin, mengalami penurunan nyeri sendiri.

9. Mengatasi saraf kejepit

Saraf kejepit merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan leluasa. Penderita masalah kesehatan ini umumnya lebih banya berbaring di tempat tidur.

Apabila tidak mendapatkan penangangan dengan tepat, kondisi tersebut bisa membuat otot melemah dan sendi mengang. Untuk mengatasi masalah tersebut, berenang dapat menjadi pilihannya. Gerakan dalam olahraga ini dapat membuat otot punggung dan tulang belakang lebih santai dan rileks.

10. Menambah tinggi badan

Manfaat renang selanjutnya yaitu bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berenang  bisa memperkuat tulang belakang dan membantu membentuk postur tubuh yang baik.

Saat berenang otot tubuh akan bergerak. Ketika berada di dalam air tubuh juga harus bergerak melawan gravitasi. Hal tersebut berarti dada dan tubuh bagian atas akan melakukan peregangan dan kontraksi secara kontras. Gerakan tersebut yang bisa meningkatkan pertumbuhan tubuh.

11. Mencegah pembengkakan di pergelangan kaki saat hamil

Renang bisa membantu mendorong cairan dari jaringan ke pembuluh darah. Selain itu, olahraga ini bisa juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah berkumpul di tungkai bawah.

Tips Aman untuk Berenang

Agar manfaat renang tidak berkurang, maka perlu untuk mengetahui beberapa hal penting sebelum berenang. Melansir dari laman GoodDoctor, berikut beberapa tips aman untuk berenang.

  1. Renang di area yang khusus untuk berenang seperti kolam renang.
  2. Berlatih renang dengan baik dan benar.
  3. Apabila berenang di luar ruangan maka sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen.
  4. Perbanyak asupan cairan sebab berenang juga bisa menyebabkan dehidrasi.
  5. Patuhi peraturan di area kolam renang.
  6. Berenang sesuai dengan kemampuan. Maksudnya, jika Anda hanya mampu berenang di kedaman 2 meter, maka sebaiknya tidak berenang di kolam yang lebih dalam. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kecelakaan saat melakukan olahraga ini.
  7. Berhati-hati saat berenang. Gunakan pegangan di samping kolam renang agar tidak terpeleset.

Tips Berenang saat Hamil

Manfaat berenang juga bisa didapatkan ibu hamil. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin berenang saat hamil. Melansir dari gooddoctor.co.id, berikut penjelasannya.

1. Memperhatikan kebersihan air

Sebelum berenang, pastikan Anda memperhatikan kebersihan air di kolam renang. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyakit yang terbawa oleh air.

2. Memeriksa suhu air

Tak hanya kebersihan air, suhu air di kolam renang juga penting untuk diperhatikan. Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari berenang di air bersuhu tinggi. Ketika berenang di air bersuhu tinggi bisa mempengaruhi suhu tubuh.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa suhu tubuh yang tinggi di 4 – 6 minggu pertama masa kehamilan bisa meningkatkan risiko gangguan pembentukan tabung saraf hingga keguguran. Untuk menghindari hal tersebut, maka penting untuk memeriksa suhu air sebelum berenang.

3. Berhati-hati saat berjalan

Area kolam renang merupakan tempat yang cukup licin karena banyak genangan air. Maka dari itu, saat berjalan di area tersebut, ibu hamil harus ekstra hati-hati. Lebih baik jalan secara perlahan agar tidak terpeleset.

4. Mengenakan sunscreen

Saat berenang di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Hal ini diperlukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Hindari berenang di tempat outdor di antara pukul 10 pagi sampai 4 sore. Sebab di waktu tersebut, sinar matahari sedang kuat. Sehingga berbahaya apabila langsung mengenai kulit.

5. Banyak minum air putih

Saat berenang tubuh mudah mengalami dehidrasi. Maka dari itu, pastikan untuk sering minum air putih ditengah waktu berenang. Anda juga bisa minum air putih sekitar 500 ml dua jam sebelum berenang untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...