8 Manfaat Buah Pisang, Kandungan dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Image title
24 Desember 2021, 10:55
Ilustrasi manfaat buah pisang
Unsplash/Anastasia Eremina
Ilustrasi buah pisang

Buah pisang merupakan komoditas yang populer di seluruh dunia. Ekspor pisang global mencapai sekitar 24,5 juta ton pada tahun 2020, menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sekitar setengah dari jumlah tersebut diimpor oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi pisang di Indonesia mencapai 8,18 juta ton pada 2020. Potensi tujuan ekspor pisang Indonesia adalah Jepang, Timur Tengah, Malaysia, Korea, Belanda, Tiongkok, dan Australia. Nilai ekspor terbesar adalah pengiriman ke Jepang, yaitu sebesar US$1,348 juta pada tahun 2020.

Sekitar 150 negara menanam hampir 1.000 varietas pisang. Tanaman pisang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Buahnya bervariasi dalam ukuran, warna dan tekstur. Tetapi, umumnya pisang berbentuk memanjang dan melengkung dengan warna hijau atau kuning.

Konsumsi pisang dapat membawa sejumlah manfaat untuk kesehatan. Menurut data United States Department of Agriculture, kandungan pisang per 100 gram terdiri dari:

  • Kalori: 89.
  • Air: 75%.
  • Protein: 1,1 gram.
  • Karbohidrat: 22,8 gram.
  • Gula: 12,2 gram.
  • Serat: 2,6 gram.
  • Lemak: 0,3 gram.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat buah pisang dapat meningkatkan kesehatan mental. Menurut ahli gizi Laura Flores dalam Livescience.com, pisang dapat membantu mengatasi depresi karena tingkat triptofan yang tinggi.

Kandungan triptofan akan diubah tubuh menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter otak yang meningkatkan suasana hati. Triptofan adalah asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk membantu memproduksi serotonin dan melatonin.

2. Membantu meredakan asma

Manfaat buah pisang untuk meredakan asma telah diteliti dalam European Respiratory Journal. Studi menunjukkan bahwa makan pisang dapat membantu mencegah sesak napas pada anak-anak dengan asma.

Salah satu alasannya adalah kandungan antioksidan dan potasium pisang. Menurut studi, pisang kaya akan antioksidan dan potasium yang membantu mengurangi mengi pada anak-anak yang menderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru mereka.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

3. Mendukung kesehatan pencernaan

Mendukung kesehatan pencernaan adalah manfaat buah pisang yang diteliti dalam sebuah tinjauan tahun 2017 dalam Nutrition Bulletin. Studi menemukan bahwa pati resisten dalam pisang dapat mendukung kesehatan usus.

Selain itu, pisang mengandung serat yang tinggi sehingga membantu meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi kembung. Pati resisten dalam pisang juga memiliki efek prebiotik yang membantu memicu bakteri usus sehingga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

4. Sumber energi baik

Konsumsi pisang setelah olahraga merupakan cara yang baik untuk mengisi energi. Manfaat buah pisang dapat mengurangi peradangan dan mengisi kembali simpanan glikogen otot yang hilang saat berolahraga atau beraktivitas. Hasilnya, tubuh mengalami pemulihan lebih cepat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...