Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

Siti Nur Aeni
24 Maret 2022, 08:37
Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai
integrativemedica.com
Ilustrasi penderita penyakit yang disebabkan kadar asam lambung yang tinggi

Asam lambung adalah asam yang terdiri dari kalium klorida, natrium klorida, dan asam klorida. Seperti namnya, asam ini diproduksi oleh organ lambung. Dalam keadaan normal, asam lambung berperan penting untuk membunuh bakteri. Namun jika asam lambung naik, maka bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan.

Menurut penjelasan di hellosehat.com, normalnya asam lambung memiliki pH sekitar 1 – 3. Jika lambung menghasilkan asam terlalu banyak, maka bisa mengakibatkan gangguan pada organ tersebut. Pasalnya kondisi tersebut mengakibatkan aliran baik asam lambung atau asam lambung naik ke kerongkongan.

Advertisement

Aliran balik asam lambung sebenarnya termasuk hal normal dari pergerakan sistem pencernaan. Maka dari itu, kondisi refluks lambung ini tidak bisa dikatakan penyakit, melainkan hanya sebuah gejala. Walaupun demikian, refluks asam lambung bisa menimbulkan rasa terbakar pada dada dan tenggorokan atau heartburn.

Penyebab Asam Lambung Naik

Masih mengutip dari hellosehat.com, disebutkan bahwa penyebab utama asam lambung baik yaitu karena produksi gastrin berlebih. Perlu diketahui bahwa gastrin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel G pada lapisan lambung dan usus kecil bagian atas.

Hormon ini berguna untuk merangsang lambung untuk mengeluarkan asam lambung. Produksi gastrin juga bisa dipicu oleh beberapa kondisi, sebagai berikut:

1. Sindrom Zollinger Ellison

Sindrom Zollinger Ellison adalah penyakit yang disebabkan oleh tumor di pangkreas dan usus kecil. Kondisi ini bisa memicu produksi gastrin berlebih dan mengakibatkan asam lambung naik.

2. Infeksi Helicobacter pylori

Helicobacter pylori adalah bakteri yang menyerang lapiran lambung. Bakteri ini bisa merangsang lambung untuk memproduksi asam berlebih. Akibatnya, asam lambung naik dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.

3. Penyakit Ginjal Kronis

Penyebab asam lambung naik lainnya yaitu diakibatkan oleh penyakit ginjal kronis. Fungsi ginjal yang tidak normal akan membuat hormon gastrin tidak dibersihkan dengan optimal. Hal inilah yang bisa memunculkan kadar gastrin yang dapat meningkatkan produksi asam di lambung.

Gejala Asam Lambung Naik

Saat asam lambung naik, kita bisa mengetahuinya dari beberapa gejala yang muncul. Melansir dari honestdocs.id, berikut beberapa gejala sam lambung yang meningkat.

1. Heartburn

Gejala pertama yang bisa Anda rasakan yaitu heartburn atau rasa nyeri di bagian dada. Kondisi ini dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement