11 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
14 Mei 2022, 13:25
11 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh
Pexels.com
Ilustrasi mandi air dingin di pagi hari

Manfaat mandi air dingin cukup beragam, salah satunya bisa dilakukan saat mandi pagi hari. Mandi pagi hari menjadi hal yang penting dilakukan sebelum memulai aktivitas. Pasalnya, mandi di pagi hari memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan, apalagi jika dilakukan menggunakan air dingin.

Lantas, apa saja manfaat mandi air dingin di pagi hari? Mengutip dari Klikdokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Advertisement

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi di pagi hari menggunakan air dingin bisa meningkatkan sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi dalam tubuh. Secara tidak langsung, aktivitas mandi pagi hari menggunakan air dingin bisa meningkatkan imun tubuh.

2. Membuat Peredaran Darah Lebih Lancar

Manfaat mandi air dingin lainnya, yaitu membantu melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah mampu menjadikan tubuh lebih segar, sehingga kondisi tubuh yang lebih baik dapat menunjang aktivitas seharian menjadi lebih menyenangkan.

3. Meredakan Gejala Depresi

Air dingin dipercaya bisa melepaskan endorfin. Sebagai pengetahuan, endorfin adalah hormon yang bisa memberikan rasa senang dan melawan hormon stres. Maka dari itu, mandi menggunakan air dingin bisa membantu mengurangi perasaan tidak nyaman bagi penderita depresi.

4. Meredakan Nyeri Otot

Sejauh ini, kita mengenal air hangat bisa memberikan efek relaksasi dan meredakan nyeri otot. Padahal, air dingin juga bisa memberikan manfaat yang sama. Air dingin juga bisa membantu meredakan nyeri dan gangguan peradangan pada otot.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka jika salah satu manfaat mandi air dingin yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan air dingin bisa mengaktifkan jaringan lemak cokelat yang ada dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi panas. Maka dari itu, berat badan bisa berkurang.

6. Memelihara Kesehatan Kulit

Mandi air dingin di pagi hari juga bisa membantu merawat kesehatan kulit. Pasalnya, air dingin bisa meningkatkan kelembaban kulit. Tak hanya itu, air dingin juga bisa mengurangi kandungan minyak di wajah.

7. Membuat Rambut Lebih Kuat

Selain memberikan manfaat untuk kulit, mandi air dingin di pagi hari juga baik untuk menjaga kekuatan rambut. Hal ini dikarenakan air dingin bisa membuat pori-pori kulit menjadi lebih kencang. Dengan demikian, rambut menjadi lebih kuat, tidak rontok, dan lapisan kutikula rambut bertambah. Kondisi ini juga bisa membuat rambut terlihat lebih bercahaya.

8. Mencegah Jerawat

Manfaat mandi air dingin juga dipercaya bisa mencegah jerawat dan membuat wajah terlihat lebih muda. Pasalnya, mandi dengan air dingin bisa mengecilkan pori-pori wajah. Maka dari itu, kotoran dan sebum tidak menumpuk.

9. Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Tubuh

Manfaat mandi air dingin juga dipercaya bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Pasalnya, air dingin bisa memicu detak jantung sehingga tubuh dapat memperoleh asupan oksigen lebih banyak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement