8 Manfaat Kacang Pistachio yang Sayang untuk Dilewatkan

Siti Nur Aeni
6 Juni 2022, 07:29
8 Manfaat Kacang Pistachio yang Sayang untuk Dilewatkan
pixabay.com
Pistachio salah satu camilan sehat kaya manfaat

Pistachio menjadi salah satu camilan sehat yang rasanya enak. Kacang yang satu ini dikenal dengan rasanya gurih dan manis. Kandungan nutrisi dalam makanan ini juga cukup lengkap. Wajar jika manfaat pistachio bagi kesehatan sangat beragam.

Kandungan Nutrisi Kacang Pistachio

Sama seperti kacang-kacangan lainnya, pistachio juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Menurut penjelasan di alodokter.com, dalam 28 gram atau sekitar 1 genggam kacang pistachio terdapat 159 kalori.

Tak hanya itu, camilan gurih ini juga mengandung nutrisi penting untuk tubuh, diantaranya; lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kacang pistachio juga dilengkapi dengan senyawa bioaktif seperti polifenol dan dan karotenoid yang mempunyai aktivitas antioksidan.

Manfaat Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat makanan ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Melansir dari hellosehat.com, alodokter.com, dan sehatq.com, berikut beberapa manfaat kacang pistachio untuk kesehatan.

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Banyak orang mengira bahwa konsumsi kacang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Faktanya, sejumlah studi justu menyebutkan konsumsi pistachio tidak mempengaruhi berat badan atau kenaikan nilai indeks massa tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 lalu, membuktikan bahwa sekelompok orang yang mengonsumsi pistachio sekitar 50 gram selama lebih dari 12 minggu justru mengalami penurunan indeks massa tubuh. Tak tanggung-tanggung, penurunan indeks massa tubuh bahkan mencapai dua kali lebih banyak dibandingkan kelompok yang mengonsumsi pretzel.

2. Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Kacang pistachio termasuk makanan yang tinggi kaborhidrat. Walaupun demikian, konsumsi kacang pistachio tidak membawa dampak negatif bagi kadar gula darah. Tak hanya itu, kacang pistachio juga memiiki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi.

Makanan ini juga diketahui rendah indeks glikemik. Maka dari pistachio termasuk makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi pistachio dapat menurunkan gula darah.

3. Sumber Antioksidan

Manfaat kecang pistachio lainnya yaitu sebagai sumber antioksidan. Beberapa antioksidan dalam makanan ini, antara lain; vitamin E, polifenol, dan karotenoid.

Antioksidan ini berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Perlu dipahami bahwa radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan sel yang dapat menimbulkan penyakti kronis seperti penyakit jantung, hati, hingga kanker.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...