9 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Image title
18 Juli 2022, 16:21
cara menghilangkan ngantuk saat kerja
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, seorang karyawati melakukan aktivitas di kantor.

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja menjadi salah satu informasi yang menarik dikulik oleh para kaum pekerja. Pasalnya, mengantuk sudah menjadi salah satu "penyakit" yang menghinggapi karyawan.

Ini jelas akan mengganggu performa pribadi sebagai seorang karyawan, yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan secara umum. Apalagi jika karyawan yang mengantuk dan melalaikan tugasnya, tengah dibebani proyek atau pekerjaan yang sangat penting.

Salah satu cara menghilangkan ngantuk adalah, dengan tidur yang cukup di malam hari sebelumnya atau menghindari begadang. Ini merupakan cara preventif agar terhindar dari serangan rasa kantuk yang teramat kuat saat kerja.

Namun, cara ini bisa kurang efektif, karena ada sebab lain yang mungkin menghalangi seseorang untuk tidur cepat di malam hari. Selain itu, ada beberapa hal di tempat kerja yang mungkin bisa menyebabkan ngantuk. Entah karena tekanan pekerjaan, menumpuknya pekerjaan atau sebab lain.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan ngantuk saat kerja yang bisa diterapkan. Beberapa cara yang dimaksud, bisa diterapkan sekaligus atau satu per satu sesuai dengan kondisi yang dialami.

1. Menjaga Pola Sarapan

Untuk memulai aktivitas di pagi hari, sangat disarankan tidak memakan makanan cepat saji atau makanan yang terlalu manis saat sarapan. Sebab ini justru membuat mengantuk. Oleh karena itu, salah satu menghilangkan ngantuk saat kerja adalah, dengan lebih dahulu mengonsumsi sayuran atau buah yang bisa menambah kesegaran tubuh.

2. Menjaga Aktifitas Agar Terus Bergerak

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang pertama adalah dengan banyak bergerak. Ini perlu, karena duduk terlalu lama bisa memicu munculnya rasa kantuk dan lelah.

Oleh karena itu, di sela-sela waktu bekerja, sangat disarankan untuk berjalan kaki sejenak, entah untuk pergi ke toilet, mengangkat telepon, atau mengunjungi meja rekan kerja untuk mendiskusikan pekerjaan yang sedang dikerjakan bersama.

Melakukan aktivitas seperti ini selama lima menit saja dapat membuat tubuh terjaga hingga satu jam setelahnya. Oleh karenanya, sempatkan waktu sejenak untuk bangkit dari meja kerja.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...