Sulitnya Dapatkan Ruang Perawatan untuk Pasien Covid-19

Image title
23 Desember 2020, 19:42
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/China Daily /File Photo/AWW/dj
Ilustrasi, petugas medis di Wuhan, provinsi Hubei, China, 6 Februari 2020. Sejumlah tenaga medis sudah kewalahan merawat pasien Covid-19 yang terus membludak di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan keterisian rumah sakit sudah mencapai 80%. Sejumlah orang pun mengaku kesulitan mendapatkan ruang perawatan bagi pasien yang terinfeksi virus corona.

Salah satunya diceritakan oleh akun Twitter @naluritya. Dia bercerita bahwa dia berusaha mencari ruang perawatan untuk ayah temannya yang didiagnosa Covid-19. 

Namun, mayoritas rumah sakit di Surabaya-Sidoarjo sudah penuh. Padahal, ayah temannya itu harus segera mendapatkan perawatan karena memiliki penyakit bawaan.

Meski begitu, dia bersama temannya tidak menyerah. Dia mengaku telah menghubungi 12 rumah sakit yang berbeda untuk menanyakan ketersediaan ruang perawatan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak sembilan rumah sakit menyatakan telah penuh. “Ada satu rumah sakit, pas ditelepon, (petugas) yang mengangkat telepon juga sudah lemas, dan bilang kalau di IGD masih ada antrian lima orang dan ICU mereka penuh," ujar @naluritya dalam cuitannya pada Selasa (22/12).

Sedangkan tiga rumah sakit lainnya meminta mereka menunggu untuk melihat kesediaan ruang perawatan. Pada akhirnya dia berhasil mendapatkan perawatan untuk ayah temannya. 

 

Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan juga Kewalahan

Di sisi lain, penuhnya rumah sakit juga membuat tenaga medis dan tenaga kesehatan kewalahan. Sejumlah tenaga kesehatan menceritakan kondisi di rumah sakit kesulitan menangani membludaknya pasien Covid-19.

Salah satunya Regina Wahjoeni, seorang dokter di Manado. Melalui akun Twitternya, dia menyebut kondisi pandemi di Manado seperti Wuhan karena jumlah pasien yang cukup banyak. 

Lo tahu gak, perawat gue ada yang ambruk depan mata gue, sementara kerja pas IGD lagi membludak, gue berasa kayak di Wuhan???” cuitnya di Twitter pada Selasa (15/12). Hingga berita ini diterbitkan, cuitan tersebut sudah di-retweet sebanyak 3400 kali.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...