Gubernur Ganjar Imbau Masyarakat Waspada Mutasi Virus Corona

Image title
28 Desember 2020, 17:39
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, jawa tengah, ganjar pranowo
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) berdialog dengan sejumlah pedagang saat mengunjungi pasar Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (16/6/2020). Ganjar meminta masyarakat waspada varian baru virus corona.

Penemuan varian baru virus corona di Inggris menyita perhatian seluruh dunia. Pasalnya, virus tersebut mampu menular lebih cepat.

Namun, mutasi virus corona ternyata sudah terjadi di Indonesia. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengumumkan beberapa bulan lalu.

"UGM sudah memperingatkan sejak September lalu. Jadi sebenarnya ada, tapi tidak perlu khawatir, hanya sekarang kita harus jauh lebih waspada, minimal dari diri kita sendiri," kata Ganjar dilansir dari Antara, Senin (28/12).

Dia menyebut belum mengetahui apakah virus corona jenis baru di Indonesia sama seperti yang ada di Inggris. Namun beberapa pekan yang lalu dirinya sudah mendapatkan informasi bahwa mutasi virus corona mencapai yang ketujuh.

"Apakah virusnya menjadi lebih berbahaya, mudah menular saya kurang ahli soal itu, tapi yang penting mari kita peduli dan menjaga diri sendiri agar aman," katanya.

Orang nomor satu di Jateng itu meminta masyarakat memiliki pengendalian diri dan bertanggung jawab pada keluarga serta lingkungan. Dengan cara tersebut, dia berharap dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...