Cegah Covid-19, Hindari Aktivitas Berikut Ini Saat Perayaan Tahun Baru

Image title
30 Desember 2020, 19:46
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/NZ.
Warga meninggalkan Taman Margasatwa Ragunan yang tutup di Jakarta Selatan, Jumat (25/12/2020). Masyarakt harus menghindari aktivitas yang menciptakan kerumunan agar terhindar dari Covid-19.

Pergantian tahun biasanya dirayakan dengan meriah. Namun, tahun ini akan dirayakan berbeda karena adanya pandemi corona

Satgas Penanganan Covid-19 pun telah mengimbau masyarakat untuk merayakan tahun baru di rumah saja. Sebab, kasus positif tengah meningkat dalam dua bulan terakhir. 

"Kenaikkan kasus sudah tinggi sekali. Jangan sampai kita menambah kasus selama libur akhir tahun," kata Kepala Bidang Data dan Teknologi Informasi Dewi Nur Aisyah pada Rabu (30/12).

Selain mengimbau masyarakat tidak bepergian, Dewi juga menyarankan masyarakat membeli kebutuhan pokok melalui layanan daring. Sebab, ada risiko terjadi kerumunan jika berbelanja menjelang pergantian tahun.

Dia juga mengimbau agar masyarakat tidak berkumpul  dengan banyak orang dalam satu ruangan untuk merayakan tahun baru. Menurut dia, hal itu berisiko tinggi meningkatkan penularan virus corona.

Jika ada keluarga yang berbeda rumah ingin merayakan pergantian tahun bersama-sama, dia menyarankan agar tetap menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"3M merupakan kunci, meskipun paling baik menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah saja. Jangan bepergian keluar apalagi dengan teman yang berbeda rumah," ujar dia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...