Mendag Jamin Stok Bahan Pokok Jelang Ramadan Aman dan Harga Stabil

Cahya Puteri Abdi Rabbi
15 Maret 2021, 19:00
harga bahan pokok, ramadan, menteri perdagangan
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Aktivitas jual beli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/3/2021).

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan ketersediaan bahan pokok dan bahan penting untuk kebutuhan nasional terjaga dengan baik menjelang bulan Ramadan yang jatuh pada April mendatang.

Selain memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok terjaga dengan baik, Lutfi juga menjamin bahwa harganya stabil sampai dengan Idul Fitri.

“Saya pastikan kalau stok bahan pokok terjamin dan kita akan melihat penurunan-penurunan harga yang baik antara hari ini sampai dengan bulan Ramadan dan mudah-mudahan akan terjaga sampai Idul Fitri nanti,” kata Lutfi dalam konferensi pers secara virtual, Senin, (15/3).

Mendag menyebutkan, selama sebulan terakhir, antara periode 11 Februari sampai dengan 12 Maret 2021, harga sebagian bahan pokok naik. Seperti beras premium naik 0,31%, kedelai impor 1,41%, serta minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan sederhana masing-masing naik 1,43% dan 1,54%.

“Kenaikan minyak goreng ini diakibatkan harga bahan baku yang juga naik. Kalau kita lihat perbandingan harga CPO antara hari ini dengan tahun lalu sangat drastis kenaikannya. Dari yang tadinya Rp 8.000 per kilogram (kg) hari ini sudah lebih dari Rp 15.000 per kg,” kata Lutfi.

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit merah sebesar 22,48%, bawang merah 11,54% dan bawang putih hainan 5,06%. Lutfi melaporkan bahwa kenaikan harga cabai dipicu kerusakan panen di beberapa daerah seperti di Tuban, Kediri, Blitar panen yang rusak mencapai 40%, bahkan di Wajo Sulawesi Selatan rusak hingga 70%.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...