Verifikasi Faktual, Komisi I DPR Sambangi Rumah Calon Panglima TNI

Lavinda
Oleh Lavinda
7 November 2021, 12:39
DPR, Panglima TNI
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan melaksanakan verifikasi faktual calon panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, dengan mengunjungi rumahnya di Jakarta Selatan, pada Minggu (7/11) hari ini, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Komisi I DPR akan bersilaturahmi ke kediaman Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai bagian dari verifikasi faktual terhadap calon panglima TNI," kata anggota Komisi I DPR, Bobby A Rizaldi, dikutip Antara, Minggu (7/11).

Menurut Bobby, kunjungan Komisi I DPR ke rumah Andika Perkasa merupakan bagian dari verifikasi faktual dalam proses uji kelayakan calon panglima TNI. Selain itu, ini juga dalam rangka silaturahmi dengan keluarga sang jenderal dan melihat keseharian calon panglima tersebut. "Melihat rumah yang ditinggali sesuai Laporan Harta Kekayaan penyelenggara Negara (LHKPN)," ujarnya.

Rizaldi mengatakan, tidak semua anggota Komisi I DPR ikut dalam kunjungan tersebut, melainkan hanya perwakilan dua orang setiap fraksi. Hal ini disebabkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Sebelumnya, Komisi I DPR RI menyetujui pencalonan Andika Perkasa sebagai panglima TNI mengantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang segera pensiun.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI kepada Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai panglima TNI," kata Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11).

Agenda fit and proper test Andika sebagai calon Panglima TNI diawali dengan pemaparan visi dan misi yang terbuka untuk umum dan disiarkan di berbagai media sosial DPR. Setelah itu, rapat berjalan tertutup untuk pendalaman visi dan misi selama lebih kurang tiga jam lamanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...