6 Manfaat Ikan Salmon untuk Anak dan Cara Mengolahnya

Siti Nur Aeni
11 Januari 2022, 17:28
6 Manfaat Ikan Salmon untuk Anak dan Cara Mengolahnya
Unsplash/Caroline Attwood
Tampilan hidangan olahan ikan salmon

Ada banyak manfaat ikan salmon untuk anak yang perlu orang tua pahami. Ikan salmon merupakan jenis ikan laut dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Kandungan ikan salmon antara lain protein, lemak, mineral, dan vitamin. Nutrisi tersebut dibutuhkan anak untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain itu, ikan salmon juga memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Bahkan ikan salmon juga bisa menjadi pilihan makanan pendamping ASI untuk bayi. Mengutip dari sehatq.com dan halodoc.com, berikut ini beberapa manfaat ikan salmon untuk bayi dan anak-anak.

Manfaat Ikan Salmon untuk Anak-anak

1. Membantu Perkembangan Otak

Ikan salmon diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi dan menunjang kemampuan kognitifnya. Dengan konsumsi ikan salmon dipercaya berguna untuk koordinasi, meningkatkan fokus, keterampilan, dan kecerdasan pada anak.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Konsumsi ikan salmon juga terbukti bisa menyehatkan jantung. Sebab ikan ini mengandung omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat ikan salmon lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan mata anak. Manfaat ini bisa diperoleh karena ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membuat mata lebih sehat.

4. Membantu Penyerapan Nutrisi

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam ikan salmon juga berguna untuk membantu penyerapan nutrisi. Bagi bayi dan anak-anak, nutrisi sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhan. Dengan demikian, bayi terhindari dari risiko malunutrisi atau stunting.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Memberikan ikan salmon dalam menu makanan si kecil ternyata bisa membantu memelihara kesehatan kulit anak. Kandungan asam lemak esensial yang ada dalam salmon dipercaya bisa mendorong kulit untuk menahan air dan membuat kulit menjadi lebih lembap dan halus.

Selain itu, konsumsi ikan salmon juga dipercaya bisa mencegah beberapa risiko penyakit kulit pada bayi dan anak.

6. Mencegah Penyakit

Manfaat ikan salmo untuk anak berikutnya yaitu mencegah anak terserang berbagai penyakit. Kandungan asam amino dalam ikan salmon dipercaya bisa memelihara kesehatan pencernaan. Selain itu, ikan salmon juga berguna untuk mencegah penyakit berbahaya seperti radang sendi, kardiovaskular, dan diabetes.

Cara Memasak Ikan Salmon dengan Tepat

Untuk mendapat manfaat dari ikan salmon, maka kita perlu mengetahui cara tepat untuk mengolah ikan ini. Pengolahan yang salah bisa menyebabkan nutrisi yang ada didalamnya hilang. Melansir dari hellosehat.com, berikut ini beberapa cara memasak ikan salmon dengan tepat.

1. Dibakar

Cara memasak ikan salmon yang pertama yaitu dengan cara dibakar. Ikan ini memiliki daging yang lunak sehingga lebih cepat matang. Selain itu, ikan salmon bakar juga dinilai lebih sehat. Anda juga diperlu menambahkan lemak terlalu banyak, cukup olesi sedikit minyak agar ikan ini tidak lengket.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...