Media Massa Adalah Alat Penyampaian Informasi, Ini Penjelasannya

Image title
1 April 2022, 14:39
Ilustrasi, seorang pria membaca koran. Media massa adalah segala bentuk saluran untuk menyampaikan informasi.
ANTARA FOTO/REUTERS/Pascal Rossignol/aww/cf
Ilustrasi, seorang pria membaca koran. Media massa adalah segala bentuk saluran untuk menyampaikan informasi.

Di era informasi saat ini, kebutuhan manusia akan suatu berita, data atau fakta terkait suatu peristiwa atau fenomena tertentu merupakan sesuatu yang penting untuk dipenuhi. Di samping menambah wawasan, informasi tersebut dapat menjadi landasan dalam mengambil suatu keputusan.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut adalah melalui media massa.

Pengertian Media Massa

Media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti tengah atau perantara. Massa berasal dari bahasa Inggris, yaitu 'mass' yang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya satu sama lain (Soehadi, 1978:38).

Beberapa ahli juga turut mengemukakan pendapatannya tentang pengerti media massa. Cangara (2002) mengatakan, media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, dan TV.

Menurut Rakhmat (2001), media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.

Lebih ringkas, John Vivian menuturkan dalam buku "Teori Komunikasi Massa (2008: 453), media massa merupakan fasilitas yang membawa pesan kepada khalayak.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mediaa massa adalah segala bentuk saluran atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat terbuka kepada khalayak untuk mencapai dan menghasilkan efek tertentu.

Media massa sering kali dipandang sebagai alat kekuasaan yang efektif, karena kemampuannya untuk melakukan beberapa hal, seperti:

  • Menarik dan mengarahkan perhatian.
  • Membujuk pendapat dan tanggapan.
  • Mempengaruhi pilihan sikap (misalnya, dalam hal pemberian suara dan pembelian produk).
  • Memberikan status dan legitimasi.
  • Mendefinisikan dan membentuk persepsi realitas.

Jenis Media Massa

Media massa dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu media cetak, media elektronik, dan media cyber.

1. Media Cetak

Media cetak adalah jenis media massa yang dicetak dalam lembaran kertas atau yang lainnya. Media ini menampilkan informasi berupa tulisan dan gambar. Artinya, media cetak hanyak menampilkan informasi visual saja.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki media cetak, seperti bersifat fleksibel dan bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah, dapat disimpan dan dibaca kembali kapan saja (tidak terikat waktu).

Adapun yang termasuk media cetak, misalnya surat kabar, koran, majalah, tabloid, buletin, dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...