Menkes Lapor ke Jokowi: Covid-19 BA. 2.75 Telah Masuk Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
18 Juli 2022, 18:39
covid-19, virus corona, ba.2.75
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kanan) didampingi Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Rizka Andalucia (kedua kiri) mendengarkan paparan hasil penelitian berupa alat kesehatan dan diagnostik kit saat kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/7/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa subvarian Covid-19 terbaru, BA. 2.75 telah masuk Indonesia. Laporan disampaikan saat rapat terbatas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Kepresidenan, Senin (18/7).

Budi mengatakan, BA.2.75 yang terdeteksi mencapai dua kasus yakni satu di Bali dan satu lagi di Jakarta. Ia saat ini mewaspadai transmisi lokal subvarian tersebut.

"Kami meng-update Bapak Presiden, ada subvarian baru BA.2.75 yang beredar di India dan masuk 15 negara. Ini sudah masuk Indonesia," kata Budi di Jakarta, Senin (18/7).

Budi menjelaskan kasus penularan BA.2.75 pertama di Bali adalah pelaku perjalanan luar negeri. Sedangkan kasus di Jakarta diperkirakan adalah penularan lokal.

Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 lantaran masuknya subvarian BA.4 dan BA.5. Meski demikian, Budi mengatakan tingkat transmisi virus di RI masih berada di level 1.  

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...