Survei KedaiKOPI: 55% Responden Setuju Presiden Perempuan

Ade Rosman
10 September 2022, 08:06
presiden, perempuan, survei, KedaiKOPI
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/POOL/wsj.
Ilustrasi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (kiri) memimpin pertemuan sesi ketiga dalam Ministerial Conference on Women's Empowerment (MCWE) G20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (25/8/2022). Pada sesi ketiga pertemuan MCWE G20 tersebut membahas isu terkait kewirausahaan perempuan dalam pemulihan pascapandemi COVID-19.

Hasil survei kedaiKOPI mengenai opini publik pada pemimpin perempuan menunjukkan, per Agustus 2022 sebanyak 55,5% responden menerima presiden perempuan.

Dari rilis survei tersebut, responden paling banyak mengemukakan hal yang diterima atau disukai untuk presiden perempuan, yakni dikarenakan berani mengambil tindakan atau keputusan alias tegas, dengan persentarse sebanyak 24,5% suara.

Senior Researcher Lembaga Survei KedaiKOPI Ashma Nur Afifah, mengatakan hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya.

"Cerdas dan tegas itu memang favorit, tapi memang presentasenya berubah-ubah," kata Nur Afifah dalam acara diskusi publik bertajuk "Siapa Ingin Presiden Perempuan?", Jumat (9/9).

Meski angka penerimaan pada presiden perempuan cukup tinggi, persentasenya masih lebih rendah dibanding penerimaan publik terhadap anggota legislatif perempuan (76%), bupati/walikota perempuan (70,8%), Gubernur perempuan (68%), dan wakil presiden perempuan (64,7%).

KedaiKOPI juga mencatat beberapa alasan mengapa ada beberapa responden yang masih tidak terbuka dengan kepemimpinan perempuan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...