Jokowi Temui Megawati di Batutulis, Sinyal PDIP Segera Umumkan Capres?

Ira Guslina Sufa
10 Oktober 2022, 11:29
Jokowi temui Megawati
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo memberikan naskah rekomendasi eksternal kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri Rabu (23/6/2022).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Batutulis, Bogor Jawa Barat. Pertemuan berlangsung pada Sabtu (8/10) lalu. 

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan pertemuan tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh kedua tokoh untuk membicarakan siapa yang akan diusung sebagai calon presiden dari PDIP untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Jokowi. Selama ini Batutulis memiliki sejarah dalam penetapan calon presiden dari PDIP. Pada pemilihan presiden 2009 duet Megawati dan Prabowo Subianto juga bermula dari pembicaraan di Batutulis. 

 “Pertemuan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo selama kurang lebih dua jam di Istana Batu Tulis kemarin sangat mungkin sekali membahas mengenai siapa bakal calon presiden akan diusung PDI Perjuangan,” ujar Bawono kepada Katadata.co.id Senin (10/10). 

 Menurut Bawono, pertemuan di Batutulis dapat dilihat sebagai bagian dari komunikasi politik kedua tokoh untuk mencapai titik kesamaan mengenai siapa bakal calon presiden yang akan diusung PDI Perjuangan. Sejauh ini dukungan dari akar rumput PDIP untuk Ganjar Pranowo terus mengalir. Apalagi berdasar sejumlah survei Ganjar merupakan calon presiden terkuat. Namun, internal pengurus DPP PDIP masih mengisyaratkan pencalona putri Megawati, Puan Maharani sebagai calon presiden.  

 Bawono melanjutkan penetapan capres oleh PDIP sangat mungkin dilakukan mengingat tiga partai lain telah mengusung calon presiden. Pada Agustus 2022 Partai Gerindra telah mengumumkan dukungan untuk Prabowo Subianto. Selanjutnya giliran Partai Nasional Demokrat mengusung Anies Baswedan sebagai capres yang diumumkan pada Senin (3/10). Di hari yang sama Partai Solidaritas Indonesia mengusung Ganjar Pranowo. Ganjar merupakan Gubernur Jawa Tengah dan merupakan kader PDIP. 

 Selain pembicaraan mengenai siapa yang akan diusung sebagai capres, Buwono melihat pertemuan Jokowi dan Mega sangat mungkin membicarakan partai politik yang akan digandeng sebagai mitra koalisi. Koalisi itu tidak hanya untuk capres 2024 tetapi juga kelanjutan koalisi pemerintahan Jokowi. 

 “Apalagi saat ini salah satu partai di koalisi pemerintahan Partai NasDem telah melakukan deklarasi bakal calon presiden,” ujar Bawono.

 Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto membenarkan adanya pertemuan antara Mega dan Jokowi di Batutulis. Namun menurut dia, pertemuan belum mengerucut pada figur capres yang diusung partai. Pertemuan itu merupakan pertemuan periodik biasa. Menurut Hasto, Jokowi dan Mega sudah sering bertemu untuk membahas perkembangan politik dan ekonomi terkini. 

 Alasan dipilihnya Batutulis sebagai lokasi pertemuan menurut Hasto lantaran daerah tersebut  memiliki alasan historis. Dia menceritakan lokasi itu sebagai tempat saat Megawati mempersiapkan Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...