Memahami Pengertian, Jenis, dan Contoh Surat Permohonan

Anggi Mardiana
20 Oktober 2022, 17:08
contoh surat permohonan
Freepik
Ilustrasi, seseorang membaca sebuah dokumen.

Surat permohonan merupakan bagian dari surat resmi, dan formal, untuk mengajukan sesuatu. Pembuatannya bisa untuk kepentingan perorangan organisasi, maupun institusi. Informasi mengenai contoh surat permohonan, akan sangat membantu dalam pembuatan dokumen pengajuan permohonan ini.

Patut diingat, pembuatan surat permohonan biasanya ditujukan kepada seseorang yang memiliki jabatan lebih tinggi. Oleh karena itu, dalam menulis surat harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Sementara, isinya tergantung dari dari tujuan dikirimkannya surat tersebut. Oleh karena itu, dari beragam contoh surat permohonan yang beredar, masing-masing memiliki perbedaan tujuan pembuatan.

Jenis Surat Permohonan

Surat permohonan biasanya berisi sejumlah informasi sesuai dengan keperluan yang diajukan. Isinya bergantung kepada penulis atau pengirim surat sehingga tujuan surat bisa bermacam-macam. Mengutip ekrut.com, secara umum fungsi surat permohonan, adalah sebagai berikut:

1. Meminta Bantuan Kepada Pihak Lain

Tujuan pertama dari surat permohonan adalah meminta bantu kepada suatu pihak. Contohnya yaitu mahasiswa memohon beasiswa kepada perusahaan atau institusi melalui surat agar pihak tersebut berkenan memberikan bantuan.

2. Mengajak Bekerja Sama

Tujuan lain dari surat permohonan adalah permintaan kerja dengan pihak tertentu. Contohnya, organisasi kemahasiswaan mengirimkan surat permohonan kepada perusahaan makanan agar bersedia menjadi sponsor dalam acara olahraga tahunan universitas.

3. Meminta Izin Kepada Pihak Lain

Tujuan surat permohonan adalah meminta izin atas sesuatu. Contoh surat permohonan untuk meminta izin ini, adalah permohonan izin penggunaan gedung, meminta izin melaksanakan kegiatan kerja bakti, izin peminjaman barang dan izin untuk melaksanakan magang di perusahaan atau institusi tertentu.

Contoh Surat Permohonan untuk Berbagai Keperluan

Pembuatan surat permohonan harus diperhatikan dengan seksama karena termasuk ke dalam kategori surat resmi. Agar tidak salah ketika membuat surat permohonan, perhatikan 4 contoh surat permohonan di bawah ini yang memiliki beragam tujuan yang berbeda.

1. Surat Permohonan Magang

Jakarta, 20 Oktober 2022 

Hal : Surat Permohonan Magang
Lampiran : 1 lembar

Yth.
Ketua Pengadilan Agama
Ibu. HJ. Fitriani, A.Ag. M.H
Di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Rizki
Jenis kelamin : Laki-laki
Tempat tanggal lahir : Tasikmalaya, 3 November 2003
Pendidikan : Mahasiswa Universitas Islam Negeri Jakarta

Sehubungan dengan kebutuhan magang untuk peniliaian mata kuliah saya, maka bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan magang di Pengadilan Agama.

Adapun jika permohonan saya diterima, saya akan melaksanakan magang selama 3 bulan, terhitung dari tanggal 18 November 2022 hingga 03 Februari 2022

Demikian surat permohonan magang ini saya buat. Atas dan kebijaksanaan dan perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rizki

2. Surat Permohonan Beasiswa

Depok, 20 Oktober 2022
Hal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 3 lembar

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...