Mengenal 5 Sumber Daya Alam Dataran Tinggi

Annisa Fianni Sisma
25 Oktober 2022, 15:08
SUMBER DAYA ALAM DATARAN TINGGI
PEXEL
Ilustrasi, sawah terasering.

Bumi dengan permukaannya yang tidak rata memiliki sumber daya alam yang menarik. sumber daya alam dataran rendah dapat berupa pertambangan, peternakan, dan lain sebagainya. Sedangkan sumber daya alam dataran tinggi dapat berupa sumber air, pertanian, dan lain sebagainya.

Dataran tinggi menjadi daerah yang terkenal dengan suhu dinginnya. Dataran tinggi terletak 700 meter di atas permukaan laut. Suhu di dataran ini berkisar antara 14 hingga 18 derajat celcius.

Dataran ini terbentuk dari adanya erosi dan sedimentasi. Dataran tinggi terbentuk karena kaldera yang luas dan dari waktu ke waktu tertimbun material dari gunung sekitarnya.

Ciri Khas Dataran Tinggi

Terdapat ciri khas atau karaktristik dataran tinggi yang mudah ditemui. Berikut ini ciri-ciri dataran tinggi selengkapnya.

Ciri khas atau karakteristik dataran tinggi yang paling menonjol memang suhu dinginnya. Namun di bidang pertanian, ciri khas yang paling menonjol yakni adanya pertanian dengan metode terasering. Metode ini diterapkan untuk mencegah erosi tanah dan mempermudah proses pertanian. Selain itu, metode terasering ini dapat memudahkan proses cocok tanam.

Ciri khas lainnya yakni udara dan suhu yang dingin dan kering. Banyak masyarakat yang mengunjungi daerah ini untuk berwisata. Semakin tinggi dataran maka semakin dingin pula suhunya.

Dataran tinggi juga termasuk daerah yang sangat jarang turun hujan. Oleh karena itu, daerah ini terkadang cukup kering dan hanya tanaman serta hewan tertentu saja yang dapat hidup di dataran tinggi.

Sumber Daya Alam Dataran Tinggi

Dataran tinggi terbagi menjadi dua jenis yakni dataran tinggi vulkanik dan dataran tinggi terpotong. Dataran tinggi vulkanik adalah dataran yang terbuat dari letusan gunung berapi yang menumpuk dari waktu ke waktu.

Jenis kedua yakni dataran tinggi terpotong. Dataran tinggi ini terbentuk dari gerakan ke atas pada kerak bumi. Dataran ini contohnya yakni Dataran Tinggi Colorado di Amerika Serikat.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait sumber daya alam dataran tinggi, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Sumber Air

Dataran tinggi yang identik dengan pegunungan, kerap ditemukan sumber mata air alami. Banyak perusahaan air minum yang memanfaatkan sumber daya alam dataran tinggi ini untuk dijadikan air minum.

Sumber mata air dari pegunungan dikenal segar dan bersih. Mata air tersebut aman dari bakteri dan mengandung banyak oksigen.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...