Jejak Argentina yang Siap Ganti Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20

Ira Guslina Sufa
27 Maret 2023, 15:49
Argentina incar tuan rumah piala dunia U20 2023
ANTARA FOTO/Andri Saputra/YU/aww.
Kendaraan melintas di depan mural Argentina yang bergambar bintang sepak bola Argentina Lionel Messi dan legenda sepak bola Diego Maradona di Kelurahan Kampung Pisang Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa (20/12/2022).

Asosiasi Sepakbola Argentina atau AFA mengajukan diri menjadi pengganti Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023. Merujuk media sepakbola Argentina Mundo Albiceleste, pengajuan menjadi tuan rumah disampaikan AFA pada konfederasi sepak bola dunia atau FIFA setelah terjadinya penundaan pengundian atau drawing laga selama gelaran Piala Dunia U20. 

Pada Sabtu (25/3) lalu FIFA mengumumkan penundaan drawing laga sepakbola dunia U20 sebagai respon terhadap polemik yang berkembang di Tanah Air. Sejumlah kelompok menyuarakan penolakan bagi timnas U20 dari Israel berlaga di Indonesia dengan alasan politik luar negeri Indonesia. 

Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang menolak keberadaan Israel. Penolakan menjadi tuan rumah salah satunya disampaikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster yang sebelumnya telah menyatakan diri bersedia menjadikan stadion di Bali sebagai lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023.

“AFA telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut dan jika diadakan di Argentina, itu berarti sebagai tuan rumah, mereka akan hadir di turnamen tersebut,” tulis Mundo Albiceleste seperti dikutip Senin (27/3). 

Argentina punya segudang alasan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Negara Amerika Selatan itu baru saja menjadi juara Piala Dunia yang berlangsung di Qatar akhir 2022 lalu untuk kategori senior. 

Di sisi lain, keinginan Argentina menawarkan diri jadi tuan rumah cukup kontroversi lantaran prestasi U20 mereka tak secemerlang timnas senior. Berikut sejumlah fakta timnas U20 Argentina. 

Kalah di babak kualifikasi 

Pada babak kualifikasi wilayah Amerika Selatan, tim nasional U20 Argentina gagal lolos ke babak final. Tim Argentina kalah dari empat tim lainnya yaitu Brasil, Ekuador, Kolombia dan Uruguay. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...