Cari Pilot Susi Air, Prajurit TNI Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata

Ira Guslina Sufa
16 April 2023, 13:54
Prajurit TNI tewas
ANTARA FOTO/HO-Humas Ops Damai Cartenz/tom.
Anggota TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz mengevakuasi sejumlah warga Kampung Alama Nduga, Nduga, Papua Pegunungan, dengan menggunakan helikopter saat tiba di Bandara Timika, Papua Tengah, Papua, Senin (20/02/2023).

Kepala Penerangan Komando Daerah Militer atau Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Kav. Herman Taryaman mengakui seorang prajurit Yonif 321/GT gugur saat sedang melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Menurut Herman prajurit yang gugur bernama Pratu Miftahul Arifin. 

"Korban setelah tertembak terjatuh ke jurang, " jelas Herman Taryaman seperti dikutip Antara, Minggu (16/4). 

Pratu Miftahul gugur pada Sabtu pagi (15/4) saat korban bersama rombongan Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi. Mereka mencari Pilot Susi Air yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB)

Herman mengatakan saat anggota berupaya mengevakuasi korban, namun tiba-tiba ditembaki KKB. Di sisi lain ia mengaku belum bisa memastikan berapa korban yang gugur dalam insiden tersebut karena upaya evakuasi sedang dilakukan.

"Cuaca tidak menentu hingga memengaruhi proses pemantauan, evakuasi, dan koordinasi dengan pasukan di lapangan," ujar Herman. 

Berdasarkan data yang dilansir Antara, penyerangan terhadap Tim Gabungan Satgas Yonif R 321/GT terus berlangsung hingga Sabtu malam. Enam prajurit TNI dilaporkan gugur dan 30 orang lainnya belum diketahui nasibnya. Meski begitu Herman menyatakan belum bisa memastikan jumlah korban tewas. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...