Ganjar Diusung PDIP, Pilpres Berpotensi Mengerucut ke 3 Poros Capres

Ameidyo Daud Nasution
21 April 2023, 19:29
ganjar, ganjar pranowo, pdip, megawati, pilpres
ANTARA FOTO/Monang/mrh/YU
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) bersiap menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada 2024. Keputusan ini disebut akan mengubah konstelasi capres dan calon wakil presiden.

Usai Lebaran, skema pasangan capres dan cawapres diprediksi lebih terang. Sejauh ini sudah ada PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang mengusung Prabowo Subianto, dan Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan.

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago memprediksi akan ada tiga pasangan calon yang akan melenggang pesta politik 2024.

"Dilihat komposisinya, tiga pasangan akan menarik. Kubu PDIP, KKIR ditambah Koalisi Indonesia Baru (KIB), dan Koalisi Perubahan," kata Arifki dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4).

Arifki menilai pengumuman Ganjar sebagai capres H-1 sebelum Lebaran bisa berdampak positif terhadap citra sang gubernur. Nama Ganjar sebelumnya tercoreng citra negatif karna menolak Israel hadir dalam Piala Dunia U20.

"Bakal membawa pesan positif jika menjadi percakapan di masyarakat dan banyak keluarga," kata Arifki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...